Wa 'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,

1/ Kita tidak dapat membedakan mana mimpi yang berasal dari Allah
subhanahu wa ta'ala dan mana yang berasal dari syaitan. Mari kita
renungkan. Sudahkah kita mencintai Allah subhanahu wa ta'ala dan
Rasul-Nya melebihi yang lain? Sudahkah kita menaati Allah subhanahu wa
ta'ala dan Rasul-Nya sehingga meneladani para nabi, para shidiqqin,
para syuhada, dan para shalihin? Apabila jawabannya belum, maka
bagaimana kita mampu memastikan bahwa mimpi merupakan pertanda yang
benar dari Allah subhanahu wa ta'ala?
2/ Oleh karena itu, sebaiknya menganggap bahwa mimpi sebagai bunga
tidur dan kemudian melupakannya sehingga tidak menjadi bahan pikiran
terus-menerus.
3/ Walaupun demikian, mimpi yang diceritakan tersebut boleh jadi
merupakan peringatan dari-Nya. Wallahu a'lam.

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Abu Farhan

--- In assunnah@yahoogroups.com, KOMARUDIN <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum
>
> terimakasih sebelumnya kalau ada yang bisa bantu saya mengenai
pertanyaan sbb:

> tiga hari yang lalu bada subuh setelah tadarus saya ketiduran bangun
jam 07.pagi dalam tidur saya bermimpi mengalami hari kiamat yang
sangat dahsyat sekali sampai saya menangis dalam mimpi dan sampai saya
terjaga.