Wa'alaykumussalam warohmatullohi wabarokaatuh.

Akhi saya juga orang awam.

Pernahkah akhi mendengar kata SUTROH? Saya belum lama mendengar kata ini.
Sutroh artinya menutup, sama dengan hijab. Namun sutroh dimaksudkan menutup
tetapi tidak menghalangi pandangan, beda dengan hijab yang menutup tapi
menghalangi pandangan.
Jadi Sutroh disini maksudnya PEMBATAS SHOLAT, yaitu batasan untuk pandangan
kita dalam sholat, batasan / area tempat kita sholat.

Sutroh diwajibkan untuk area/tempat sujud jatuhnya 7 anggota tubuh, yaitu dua
telapak tangan, dua lutut, dua telapak kaki, kening dan hidung.

Sholat tidak boleh merem. Tapi pandangan melihat ke arah tempat kita bersujud.

Alangkah baiknya jika akhi membaca buku Bulughul Mahram atau Sifat Sholat Nabi.
Lalu kaji Bab Sutroh. Akhi akan menjumpai ilmu2 bagaimana membuat sutroh, alat
yang dapat digunakan sebagai sutroh, apa manfaat sutroh, bagaimana jika ada
orang yg melewati sutroh, apa saja yg dapat memutuskan sholat kita.

Afwan gak pake dalil... silahkan antum kaji dari kitab2 yg sy sebut itu,
sehingga akhi bisa  memperoleh hidayah ilmu secara full tentang Sholat.

Wassalamu'alaykum warohmatulloohi wabarokaatuh

--- On Mon, 9/22/08, adrian riz'ali syahbana dharma putra <[EMAIL PROTECTED]>