Assalaamu'alaikum
Berikut jawabannya saya ambil dari almanhaj.or.id
http://www.almanhaj.or.id/content/1139/slash/0

HUKUM SHALAT DI RUMAH BAGI ORANG YANG RUMAHNYA JAUH DARI MASJID

Oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Saya tinggal di sebuah
rumah yang letaknya jauh dari masjid. Dan saya merasa berat jika harus
naik mobil untuk pergi ke masjid. Jika saya jalan kaki, kadang-kadang
saya ketinggalan jama'ah. Dan perlu diketahui bahwa saya mendengar adzan
dari rumah lewat pengeras suara. Dalam keadaan seperti ini, bolehkah
saya shalat di rumah atau di rumah tetangga dengan berjama'ah bersama
tiga atau empat orang ? Berikan fatwa kepada kami, semoga Allah
Subhanahu wa Ta'ala membalas anda dengan kebaikan.

Jawaban
Anda wajib shalat bersama saudara-saudara anda kaum muslimin di masjid
dengan berjama'ah, apabila anda mendengar adzan dari rumah anda tanpa
pengeras suara dan tidak ada sesuatu yang menghalangi suara adzan
tersebut. Jika rumah anda jauh dari masjid sehingga anda tidak mendengar
suara adzan yang tidak memakai pengeras suara, maka anda boleh shalat di
rumah atau di rumah tetangga. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu
'alaihi wa sallam kepada seorang laki-laki buta ketika minta izin kepada
beliau untuk shalat di rumah. Kata beliau : Apakah kamu mendengar suara
adzan?. Orang itu menjawab : Ya. Lalu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa
sallam bersabda : Kalau begitu engkau wajib datang ke masjid. Hadits ini
diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya dan lafalnya
terdapat dalam soal di atas (-pent).

Juga berdasarkan sebuah hadits riwayat Ibnu Majah, Ad-Daruquthni, Ibnu
Hibban dan Al-Hakim dengan sanad shahih yang menyatakan bahwa Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : Barangsiapa yang mendengar panggilan adzan, kemudian dia
tidak datang ke masjid, maka tidak ada shalat baginya kecuali jika ada
udzur".

Walaupun rumah anda jauh dari masjid, tapi anda tetap shalat berjama'ah
di masjid, dengan berjalan kaki, meskipun meletihkan, atau anda naik
mobil, maka hal itu lebih baik dan lebih utama bagi anda. Allah
Subhanahu wa Ta'ala akan menulis langkah-langkah anda ketika anda pergi
ke masjid dan ketika anda pulang, dengan syarat anda ikhlas dan berniat
hanya karena Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hal ini berdasarkan sebuah
hadits, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada seorang
laki-laki yang rumahnya jauh dari masjid Nabawi tapi dia tidak pernah
ketinggalan shalat berjama'ah bersama Nabi Shallallahu 'alaihi wa
sallam. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepada orang itu.

"Artinya : Kenapa engkau tidak membeli seekor himar yang bisa engkau
kendarai ketika engkau pergi ke masjid, terutama ketika cuaca sangat
panas atau diwaktu malam yang gelap?. Orang itu menjawanb : Aku tidak
ingin rumahku dekat dengan masjid, karena aku ingin langkah-langkah
kakiku dicatat, yaitu ketika aku pergi ke masjid dan ketika aku pulang
ke rumah. Lalu Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepadanya :
Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah mengumpulkan (memenuhi)
semua keinginanmu itu" [HR Muslim]

[Disalin dari kitab Al-Fatawa Juz Tsani, Penulis Syaikh Abdul Aziz bin
Abdullah bin Baz, Edisi Indonesia Fatawa bin Baaz, Penerjemah Abu
Abdillah Abdul Aziz, Penerbit At-Tibyan Solo]

Salam,
Arief nur

NOTICE - This message and any attached files may contain information that is
confidential, legally privileged or proprietary.  It is intended only for use
by the intended recipient. If you are not the intended recipient or the person
responsible for delivering the message to the intended recipient, be advised
that you have received this message in error. Any dissemination, copying, use
or re-transmission of this message or attachment, or the disclosure of any
information therein, is strictly forbidden. BlueScope Steel Limited does not
represent or guarantee that this message or attachment is free of errors, virus
or interference.

If you have received this message in error please notify the sender immediately
and delete the message.  Any views expressed in this email are not necessarily
the views of BlueScope Steel Limited.