Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh ...

Untuk menasehati seorang istri, menurut saya harus diperhatikan juga moment
/ suasananya.
Mungkin perlu suasana yang romantis agar nasehatnya bisa lebih diterima. Ya
mungkin waktu saat berduaan, sedang melepas lelah, dll. Waktu pagi hari /
petang hari, biasanya sebuah nasehat lebih lama membekas.
Dan juga untuk menasehati harus dengan penuh ketulusan. Ingatkan juga bahwa
rumah tangga itu kan untuk mencari keridhaan Allah. "Dek, kita kan menikah
buat cari keridhaan Allah. Kalau cari nafkahnya melanggar aturan maka
bagaimana?" Misalnya begitu.

Dari suaminya harus menahan emosi juga, biar bisa mengendalikan emosi
pasangannya. Kalau emosi diri belum bisa dikendalikan sendiri, maka
bagaimana bisa mengendalikan emosi orang lain?

Itu saja.
Wassalamu'alaikum

Abu Isa Hasan Cilandak
al Faqir ila Allah