Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh ...

Saya kira, kalau pun kita membawakan jawaban yang singkat tetapi dengan tanpa
rujukan, maka ini tidak ilmiyah. Bagaimana kita yakin bahwa jawaban itulah yang
sesuai dengan Islam? Sedangkan kita tidak tahu siapa dia? Karena yang ikut di
milis ini, kita semua tidak mengetahui siapa dia, kita tidak mengenal orangnya,
apakah dia orang awam, atau orang yang level ustadz, apa keyakinannya, dst.
Pendeknya yang membuat tulisan itu adalah seorang yang asing / gharib. Maka
dari itu cara yang paling baik adalah menuliskan jawaban dengan disertai
rujukannya.

Dari rujukan yang dituliskan itu nanti si pembaca bisa menelusuri lebih jauh
lagi. Dan inilah yang namanya belajar.

Semisal,
Kalau ada seseorang di milis ini, ketika ditanya tentang satu hal kemudian dia
memberikan jawaban 'haram', tanpa menyertakan rujukan atau keterangan lebih
lanjut, maka kita pun bertanya-tanya siapakah dia gerangan?

Wassalamu'alaikum

Abu Isa Hasan Cilandak
al Faqir ila Allah