Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Dalam kajian lewat streaming radio sunnah, masih saya dapatkan beberapa
saudara kita yang kesulitan menerima sesi streaming yang berlangsung.
Masalah yang umum timbul biasanya karena pemakaian beberapa player yang
dalam proses encoding berjalan lambat. Nah, saya ingin memberi sedikit
masukan dan berbagi pengalaman.

Saya menggunakan Foobar2000 untuk mendengarkan sesi streaming radio
sunnah. Foobar2000, menurut beberapa sumber di forum komputer, adalah
audio player terbaik. Kualitas ini memang terasa tidak jauh berbeda
dibandingkan dengan WMP, Winamp, Amarok, atau beberapa lainnya saat
menggunakan speaker multimedia biasa. Tapi kualitas ini akan sangat
terasa bedanya saat Sound Card yang digunakan misalnya sekelas Onkyo
SE200PCI dan speakernya sekelas Vienna Acoustic.

Selain itu, Foobar2000 jauh lebih ringan dibanding Winamp atau
RealPlayer saat diinstall.

Begitupun dalam menerima paket streaming. Alhamdulillah, sampai saat
ini, kualitasnya seperti mendengar rekaman dari komputer lokal. Lancar,
seolah tanpa buffering. Mungkin ini bisa dicoba rekan lainnya.

Software ini bisa didownload di http://foobar2000.org
<http://foobar2000.org/> . Setelah itu, install seperti biasa. Untuk
mendengarkan sesi streaming radio sunnah, caranya tinggal buka
Foobar2000 kemudian klik File > Add Location, ketikkan alamat radio
sunnah. Misalnya http://live.radiorodja.com <http://live.radiorodja.com>
. Tunggu beberapa saat, maka akan terdengar sesi streaming radio sunnah.
Insya Allah.

List alamat radio sunnah juga bisa ditambahkan. Tinggal klik File > Add
Location lagi dan masukkan alamat radio sunnah lainnya. Jadi, kita bisa
mempunyai playlist alamat-alamat radio sunnah. Jadi, saat ingin memilih
sesi streaming yang lain, cukup dengan mengklik dua kali dari list yang
ada.

Untuk jaringan yang menggunakan proxy, bisa di set di File > Preference
> Networking. Klik "Use proxy server" dan isikan alamat proxy berikut
portnya. Misalnya alamat proxynya adalah 11.11.11.11 dan portnya 8080,
maka cukup ketikkan 11.11.11.11:8080.

Demikian sedikit masukan dari saya. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

Kirim email ke