Assalammualaikum,

Mohon masukkannya, saya punya kasus. Anak saya punya seekor kelinci, kelinci
ini ternyata punya penyakit infeksi dimata kanannya sudah menahun. Sudah
beberapa kali dibawa ke dokter hewan tidak sembuh2 juga malahan semakin parah.
Karena infeksi ini akhirnya mata sebelah kanannya menjadi buta dan ada
pembengkakan didalam dari mata ke pipi kanan sampai kelehernya. Menurut dokter
hewan penyakit ini tidak bisa disembuhkan.Selama ini dokter hewan sering
memberi antibiotika dan obat penghilang rasa sakit. Di Belanda obat2 ini cukup
lumayan mahal juga bekisar € 40 - € 60. Alternatif terakhir dokter hewan
menyarankan bahwa kelinci sebaiknya di suntik mati saja. Karena tidak ada
gunanya lagi dia hidup dan untuk menghilangkan penderitaan si kelinci.

Saya mau tanyakan bagaimana menurut Islam dalam kasus ini, apakah boleh
binatang dibunuh karena penyakit yang dideritanya? Penyakitnya ini tidak
menular.

Mohon masukkannya agar kami bisa memutuskan yang terbaik buat si kelinci.

Wassalam,
Nina