Wa'alaykuumussalam warohmatullohi wa barokaatuh.

Ana sekedar share saja, mungkin ada ikhwan2 lain yang lebih kuat bisa
mengambil istinbath.

Dalam shahih Bukhori, tentang hadits surat Rosululloh shollallohu
'alayhi wa sallam kepada Hiraklius. Di awal2 surat, bunyinya kurang
lebih sebagai berikut:

BISMILLAH

DARI MUHAMMAD ROSULULLOH KEPADA  HIRAKLIUS PEMBESAR RUM

ASSALAAMU 'ALAA MANIT-TABA'AL HUDAA
(Ini adalah salam buat orang kafir)

Jika kepada orang kafir saja beliau memberikan salam dalam suratnya,
bukankah kepada orang muslim lebih utama.

Meski demikian, memang terkadang beliau tidak memulai salam dalam
surat beliau yang lain. Seperti misalnya surat kepada 'Abdullah bin
Jahsyi, ketika Rosululloh mengutusnya dalam pasukan kecil untuk
mengintai kafilah dagang Quraisy di bulan haram (yang kemudian menjadi
sebab turunnya QS. Al-Baqarah [2]:217).

Kalau disimpulkan, boleh memulai surat dengan salam atau tidak.

Mohon dibetulkan bila ada ketergelinciran.

Wallohu a'lam.

--
“Al-‘Ilmu Qoblal Qoul wal ‘Amal”

Ilmu Dulu Sebelum Berkata dan Berbuat