Wassalamualaikum

Saudaraku, saya perlu tambahan data; bayi usia berapa, lahirnya normal atau
tidak, anak keberapa, berapa beda usia dengan saudara terdekat, ibunya umur
berapa, ibunya bekerja atau ibu rumah tangga, bayinya disusui oleh ibunya atau
pakai susu formula.

Begitu dulu, karena bayi itu belum bisa melihat dan mendengar sempurna, serta
komunikasinya dengan bereaksi, yaitu menangis, menjerit, tertawa atau
membalikkan mukanya, menendang2; kadang2 ia main sendiri. bayi akan bereaksi
negatif terhadap lapar/haus/panas dan dingin.bayi butuh rasa aman dengan
perlindungan fisik kita, dekaplah bayi yang menangis tersebut dengan ikhlas.

Bayi adalah amanah dari Allah, kita orang tuanya wajib menjaganya sebelum ia
bisa menjaga diri sendiri.

Hal ini yang saya lakukan sepanjang hari, sepanjang malam.

Khususnya bagi Ibu yang menetekkan bayinya, lapangkan dada, kosongkan pikiran,
tetekkanlah bayi dengan sempurna,pandanglah selalu bayi kita dengan keikhlasan
serta bacakan doa2, Insha Allah, air susu akan lancar dan deras, bayi akan
menyedot dengan semangat.

Alhamdulillah, saya selalu mendekap bayi saya yang menangis tersebut serta
membacakan do'a yang sesuai.

Wassalam
Prof DR Dr Salamun Sastra SpM