Assalamu'alaikum warakhmatullahiwabarakatuh,

Bismillahirrahmanirrahim, sebelumnya ijinkan saya memperkenalkan diri terlebih
dahulu, saya laki2 berusia 27 tahun dan telah menikah sekitar satu setengah
tahun yang lalu. Lebih kurang 3 bulan yang lalu, saya memutuskan untuk bekerja
di luar negeri agar bisa memberikan nafkah untuk keluarga. Hal ini mengharuskan
saya meninggalkan istri untuk kurun waktu tertentu (setiap 6 minggu saya pulang
ke Indonesia). Saya merasa hal ini membuat rumah tangga kami tidak harmonis
karena istri tidak suka dan rela ditinggal jauh dan ini membuat (maaf) istri
sedikit ogah untuk diajak berhubungan suami istri. Pertanyaan saya :

1. Apakah kepergian suami mencari nafkah dengan meninggalkan istrinya untuk
beberapa lama dan tidak direstui istri adalah salah? Sementara menurut
pemikiran suami, hal ini dilakukan untuk perencanaan masa depan yg lebih baik.

2. Bagaimana menyikapi sikap istri yang tidak mau melayani suaminya dengan
alasan sebagai balasan karena telah meninggalkan istri. Dan apakah tuntutan
istri untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang menjadi sumber nafkah harus
dipenuhi supaya hubungan keluarga kembali harmonis?

Dari saya pribadi, saya akan tetap mempertahankan pekerjaan tsb karena saya
nilai tidak ada yg salah dari pekerjaan itu dan lebih baik dari pekerjaan saya
sebelumnya. Mohon saran dan masukannya.

Terimakasih sebelumnya, Assalamu'alaikum warakhmatullahiwabarakatuh.

JE