Bismillahirrohmanirrohim.

Akhi ukhti rohimakumulloh,

Saya mohon pendapat atas permasalahan saya. Saya berniat pergi ke luar
negeri dengan tujuan sekolah. Rencana lain saya, saya pergi kerja di luar
negeri untuk mencari uang cepat untuk sekolah. Negara tujuan saya antara
lain: Amerika atau Jepang.

Pertanyaan saya:
1. Apakah niat saya tersebut diperbolehkan secara syar'i (sekolah di luar
atau kerja untuk mencari uang untuk sekolah)?
2. Apakah negara tujuan saya tersebut "aman" bagi akidah saya?
3. Apakah ada di antara ikhwan yang tahu lokasi berkumpulnya komunitas
muslim di antara negara tersebut?

Saya sangat mengharapkan bantuan ikhwan sekalian. Semoga Alloh lindungi kita
semua dari keburukan. Barokallohu fikum.

*Achmad Fachry Prodjokusumo*
Bekasi, Indonesia

Kirim email ke