wa'alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh...
mungkin yg dimaksud yg bertanya adalah kunyah, jadi bukan mengganti nama,
sebagaimana lazim di negeri kita, orang memanggil dengan nama anak kita misal:
ayah amir (anaknya bernama amir) atau mama aisyah (ibu dengan anak bernama
aisyah) dan kadang lebih dikenal daripada nama asli orang tuanya ...

ana nukilkan dari website konsultasi syariah, tentang hukum kunyah (baca
kun-yah)...semoga ada manfaat

"...Dari Anas bin Malik, "Rasulullah sering menemui kami. Aku punya adik yang
berkunyah Abu `Umair. Dia punya seekor burung yang sering dipakai untuk
bermain. Suatu hari Nabi datang setelah burung tersebut mati. Beliau melihat
Abu `Umair bermuram muka. Nabi lantas bertanya kepada kami `ada apa
dengannya?', `burungnya mati,' sahut kami. Nabi lalu bersabda `Hai Abu `Umair
apa yang telah dilakukan oleh burungmu?'" (HR. Bukhori, Muslim, Abu Dawud dan
Tirmidzi, Shahih Al-Jami' Ash-Shaghir no. 7830)

Kunyah adalah nama yang dimulai dengan ABU atau UMMU. Ada juga ulama yang
mengatakan termasuk juga nama yang diawali dengan saudara/paman…, kunyah
terkadang untuk memuji sebagaimana sahabat Nabi yang dulunya berkunyah Abu
Hakam, terkadang untuk mencela semacam Abu Jahal, terkadang disebabkan karena
membawa sesuatu semisal Abu Hurairah dan terkadang hanya sekedar nama semisal
Abu Bakar dan Abul Abbas Ibnu Taimiyyah, padahal Ibnu Taimiyyah tidak mempunyai
anak. (Lihat Al-Qoul Al-Mufid `Ala Kitab At-Tauhid 2/169, Maktabah Al-'Ilmi).
Dalam Syarah Muslim 14/129, Imam Nawawi mengatakan, "Pelajaran yang bisa
dipetik dari Hadits tersebut sangat banyak sekali. Diantaranya menunjukkan
bahwa kunyah untuk orang yang tidak punya anak itu diperbolehkan, juga
menunjukkan bolehnya kunyah untuk anak kecil dan hal tersebut tidak termasuk
kebohongan." (Dari Ahkam Ath-Thifli hal. 165)...."

silakan lebih lengkap liat ke sumbernya...
http://konsultasisyariah.com/hukum-nama-kunyah

maaf kalo salah dalam menjawab, semoga ada yg lain bisa menambahkan.
barakallahu fiikum