Bismillah...
ana menemukan sebuah status dari seorang ikhwah di jejaring sosial facebook
tentang membunuh cicak.. apakah benar pendapat ini? mohon penjelasannya...
syukron jazakumullah khoir
ana copy langsung dari sumbernya tanpa merubah redaksinya, afwan jika ada yang
salah dari singkatan/redaksional...

Yang Disuruh dibunuh adalah tokek, bukan cicak

Nabi saw bersabda,
مَنْ قَتَلَ
وَزَغًا فِى
أَوَّلِ
ضَرْبَةٍ
كُتِبَتْ
لَهُ مِائَةُ
حَسَنَةٍ
وَفِى
الثَّانِيَةِ
 دُونَ ذَلِكَ
وَفِى
الثَّالِثَةِ
 دُونَ ذَلِكَ
.
"Barangsiapa membunuh TOKEK dg sekali pukul, dia mndptkn 100 kebaikan.
(Membunuh) pd pukulan kedua, pahalanya di bawah itu. N (yg membunuh) pd pukulan
ketiga, lbh sdkt lagi pahalanya." [HR. Muslim dari abu hurairah]

*bnyk yg menerjemahkan kata "al-wazagh" atau "al-wazaghah" dg cicak, baik dlm
buku2 trjmhn maupun situs2 keislaman/ tanya jawab oleh para ustadz. Pdhl yg
benar adlh: tokek, bukan cicak.
Imam an-nawawi, al-hafizh ibnu hajar, ibnul atsir, al-munawi, DR. Wahbah
az-zuhaili, dll. mengatakan bahwa yg dimaksud dg "al-wazagh" atau "al-wazaghah"
dlm hadits2 ttg hal ini, adlh SAAM ABROSH (سام
أبرص ).
N dlm sejumlah kamus arab – inggris, kata SAAM ABROSH, ditrjmkn dg "GECKO", yg
artinya TOKEK. Bukan cicak. Wallahu a'lam.*

**saya cukup sering ditanya masalah ini, knp kita disuruh membunuh cicak? Saya
bilang, bukan cicak, tp tokek. Trus ada yg request agar ditulis di status
pesbuk**