Assalaamu'alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh
Mohon bantuannya, saya ada beberapa pertanyaan.

1. Akhir2 ini mulai bermunculan bank2 yang menawarkan produk2 keuangan
syariah. Berdasarkan pengetahuan saya ada beberapa produk yang
menggunakan akad yang halal (misal : akad mudhorobah).

Pertanyaaannya :
a. Bagaimana hukumnya menggunakan produk keuangan dari suatu bank yang
akadnya halal, tetapi kita mengetahui bahwa bank tersebut memiliki
produk lain dengan akad yang tidak halal? Misal : Bank memiliki produk keuangan
dengan akad mudhorobah, tetapi bank tersebut juga mempunyai produk dengan akad
wadiah yang di dalamnya diakatakan bahwa nasabah akan mendapat bonus. bagaimana
hukumnya jika kita menggunakan produk keuangan dengan akad mudhorobah dari bank

b. Bagaimana pendapat antum sekalian, apakah produk dari bank2 tersebut
(yang menggunakan akad yang halal) benar2 syar'i, atau apa yang mereka
lakukan hanya akal2an dan prinsipnya tetap riba?

c. Bisakah antum sekalian memberikan saran, manakah bank syariah/lembaga
keuangan syariah yang dapat dipercaya?

d. Apakah MUI atau lembaga2 sejenis memberikan sertifikasi terhadap bank2
syariah? bank2 mana saja yang mendapat sertifikasi tersebut? apakah MUI
mempunyai mekanisme untuk mengontrol bank2 tersebut?

Atas jawabannya, saya ucapkan syukron, jazakallaahu khoir