Biasanya calon ibu dianjurkan untuk senam hamil,
selain untuk melenturkan tulang2 di sekitar perut,
juga biasanya diajari cara bernafas pada saat
kontraksi dan cara mengejan pada saat akan melahirkan.

Untuk calon ibu yang menjalankan proses melahirkan
dengan tenang dan berusaha konsentrasi (walaupun sakit
banget rasanya), tidak ada masalah... tapi walaupun
sdh pernah berlatih sebelumnya, pada saat hari H-nya
si ibu kadang2 lupa saking ngerasain sakitnya.

Kakak ipar saya waktu melahirkan anak pertama malah
keliru mengejan di daerah dubur, sehingga kotoran
(maaf) ikut keluar pada saat itu.  Waktu melahirkan
anak kedua juga keliru, pada saat mengejan mata ikut
terpejam sehingga bbrp pembuluh darah di mata pecah
--> mata jadi merah, dan muka menjadi bintik2 merah.
Tapi stlh 2 minggu semuanya sudah pulih kembali.