TANYA:
Anak saya berusia hampir 3 tahun, menderita pilek sejak berusia 2 tahun.
Sudah kami bawa ke dokter dan di rontgen dan dicek sinus tapi masih dalam
batas normal dan diberikan Ryzen drops(3 bootol), tapi sampai saat ini belum
juga sembuh. Napasnya berbunyi bila sedang tidur spt mendengkur, sepertinya
lendir didlm hidung tidak dapat keluar. Tolong Dok apa yang harus saya
lakukan untuk kesembuhan putri saya dari pilek.

JAWAB:
Dari data yang dipaparkan, tampaknya anak Ibu menderita Rhinitis Alergi.
Sebetulnya ada hal-hal yang belum diceritakan, yakni apakah ada riwayat
alergi dalam silsilah keluarga ? Bila ada sangat menyokong. Juga apakah
pileknya setiap saat atau terutama malam (dinihari) sampai bangun pagi dan
bila sudah agak siang pileknya hilang ? Penyakit alergi penanganan yang
penting adalah menghindarkan dari alergen (yang menimbulkan alergi).
Misalnya: makanan ikan laut, telur, coklat, tomat, dll Untuk alergi yang
menyerang salurannafas seperti batuk pilek / asma, biasanya faktor alergen
utamanya adalah tungau debu rumah. Tungau debu rumah banyak pada karpet,
mantel berbulu, mainan berbulu, kotoran / debu rumah, dll. Untuk mengetahui
alergen apa yang sangat berperan pada putri Ibu, dapat dilakukan uji kulit.
Jadi anjuran saya untuk tata laksana putri Ibu :
Tegakkan dulu diagnosanya dengan pemeriksaan darah / sekret hidung, uji
kulit, feses (Anak Ibu dapat dibawa ke dokter terdekat)
Pengobatan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan yang didapat : -Hindari /
eliminasi alergen -obat anti alergi -obat simptomatik untuk pileknya sendiri
-obat pencegahan alergi.

TANYA:
Anak saya 5.5 bulan sedang dapet flu dan pilek yang berdahak. Obat yang di
dapat dari dokter adalah Tempra dan puyer. Saya mempunyai masalah dalam
memberikan puyer karena rasanya pahit. Saya sudah coba campur dengan jeruk
manis, tetapi sering sekali dimuntahkan kembali. Apakah ada saran? Gimana
caranya supaya anak saya bisa mengeluarkan dahaknya ? Gimana caranya supaya
anak saya bisa mengeluarkan lendir di hidungnya ? Apakah normal buat anak
yang sedang flu dan pilek, saat bernafas terdengar > bunyi ? Sekarang ini
anak saya agak enggan untuk menyusui, apakah ini normal ? Makanan tambahan
bubur susu dan jeruk manis tetap saya berikan 2 kali sehari.

JAWAB:
Pada anak bayi 5,5 bulan, flu sangat wajar terjadi. Memang pengobatan bisa
dalam bentuk puyer atau sirup. Kalau bentuk puyer biasanya enak / mudah
untuk dokter anak, sebab dosis dan jenis obat bisa lebih tepat. Sayangnya
puyer biasanya lebih pahit dibandingkan sirup. Ada beberapa cara agar puyer
lebih manis, yaitu: dengan menambahkan pemanis saat dibuat puyer atau
ditambah madu atau sirup saat memberikannya. Jadi tidak perlu kuatir.
Pengeluaran dahak pada bayi sangat sulit. Biasanya kita bisa bantu dengan
obat pengencer lendir atau mukolitik. Memang dahak sulit keluar pada saat
bayi batuk,tapi perlu diketahui bahwa pengeluaran lendir dapat ditelan
setelah dibatukkan atau dimuntahkan. Prinsipnya dahak itu harus keluar (dari
saluran nafas anak). Demikian pula lendir di hidung. Cara penghisapan
(kadang ada yang dengan mulut ibunya) kurang bermanfaat karena hanya pada
bagian luar saja, padahal prosesnya terus berlangsung. (lagipula dari segi
higiene tidak dapat dipertanggung jawabkan) Adanya lendir yang kental
danbanyak dapat mengakibatkan bunyi nafas. Jadi wajar-wajar saja kalau saat
anak batuk pilek, nafasnya jadi bunyi. Kalau anak enggan menyusui, bisa saja
merupakan hal yang wajar. Karena hidungnya tersumbat, jadi ia bernafas lewat
mulut. Jadi bila ia hendak menyusui, ia akan sulit bernafas. Inilah yang
biasanya menjadi penyebab gangguan minum susu. Semoga Membantu

TANYA:
Anak saya usia 5 tahun, beberapa bulan yang lalu pernah sakit Flu(batuk &
pilek) dengan Demam, hingga dari lubang telinganya keluar cairan (entah
darah/congek), setelah diberi obat flu (resep) dari dokter sembuh. Tapi
beberapa hari yang lalu terserang lagi flu (tanpa demam) tapi ada keluhan
kalau telinganya terasa sakit. Kira-kira ada tidak obat (bebas) yang bisa
dibeli untuk mengurangi sakit telinganya, dan kira-kira apa penyebabnya
karena cukup mengganggu tidurnya. Apa setiap anak sakit flu harus selalu
diberi obat, karena anak saya sering terserang flu (kira-kira obat bebas apa
yang aman dan umum dipakai oleh anak-anak).

JAWAB:
Terima kasih Bapak/Ibu untuk pertanyaannya. Dari cerita Bapak/Ibu, ada
riwayat keluarnya cairan dari telinga anak Bapak/Ibu (mungkin harus
ditambahkan informasi apakah warna cairan yang keluar: kuning/merah; apakah
berbau?), dan anak Bapak/Ibu saat itu sedang demam dan pilek. Sebab bila ada
cairan yang keluar dari telinga, bisa karena luka dari telinga bagian luar.
Atau adanya lubang pada gendang telinga sehingga keluarlah cairan yang lazim
dikenal dengan istilah congek. Pada manuisa, ada suatu penghubung antara
rongga mulut dan rongga telinga (namanya Tuba Eustachius). Gunanya untuk
menyeimbangkan tekanan dari luar, juga untuk membuang hal-hal yang tidak
berguna ke arah rongga mulut. Pada anak-anak, saluran ini relatif lebih
datar, kecil dan pendek, sehingga kalau terjadi proses radang maka relatif
akan lebih cepat tersumbat, sehingga tekanan dalam telinga akan sama dengan
tekanan udara luar. Akibatnya anak akan merasa kesakitan karena tekanan dari
luar (udara bebas) akan mendesak gendang telinga, dan akan memberi respon
rasa sakit. Dengan adanya flu meski tanpa demam amak relatif akan terjadi
sumbatan pada saluran tersebut, karena itu akan berpengaruh pada
perkembangan secara umum. Prinsip dari pengobatannya adalah dengan membuka
sumbatannya, atau dengan memberikan obat-obat anti radang. Mengingat pernah
ada riwayat keluarnya cari dari telinga anak Bapak/Ibu, ada baiknya jika
anak dibawa ke dokter anak untuk pemeriksaan telinganya lebih teliti.

Semoga Bermanfaat

Dede Maulana

- Anda perlu buku? Buku cerita anak, buku kesehatan,
  buku resep makanan balita, kehamilan dan persalian, dll
  silahkan lihat disini: http://www.megabuku.com/lia
  atau hubungi saya via japri.