saya donlot-kan isi dari artikel yg diinfokan oleh pak EDI ini :
http://www.ekuator.com/index.p?see=fullberita&id=968

Terapi Sentuhan Tak Cuma Obati Flu

Banyak di antara kita yang belum tahu manfaat terapi sentuhan. Padahal,
selain sebagai ungkapan kehangatan alami kasih ibu, mencegah batuk dan flu,
juga banyak manfaat lainnya.

Selain mendekatkan hubungan orangtua dan bayi, terapi sentuhan juga punya
bermacam manfaat kesehatan. "Hampir semua jenis penyakit bayi dapat dicegah
dengan pijat," papar pengasuh Rubrik ASI & Kesehatan Anak di I&A ini. Sebab
pijat dapat meningkatkan kadar imunoglubolin (zat kekebalan tubuh) sehingga
anak pun lebih tahan dari berbagai penyakit.

Mengutip penelitian Prof. Herminia Lopez dari Filipina, menurut Utami, anak
yang dipijat tiga kali sehari selama 1 minggu, kadar imunoglobulin-nya
meningkat sampai 30%. "Jika pijat dilakukan pada bayi di bawah 6 bulan,
apalagi jika bayi itu disusui ASI Eksklusif, pijat akan melipatgandakan
manfaat pemberian ASI Eksklusif tersebut," papar dokter anak di RS St.
Carolus, Jakarta Pusat ini.

Cegah Bulimia

Menurut literatur, pijat bayi sebenarnya sama saja prosesnya dengan
menyusui. Saat melakukan pemijatan, anak dan orangtua akan melakukan kontak
mata dan kulit. Saat ini orangtua dan bayi dapat saling merasakan bunyi dan
aroma masing-masing. Apalagi bila pijatan diiringi senyuman dan lantunan
lagu-lagu.

"Manfaat yang didapat sangat banyak," kata Tiffany Fields, Ph.D., peneliti
dan profesor bidang pediatrik dan psikiatri University of Miami Medical
School, Florida, AS. Karena sentuhan membuat si kecil lapar, anak yang punya
problem makan bisa diatasi dengan pijatan. Pada orang dewasa, pijatan juga
bisa menyembuhkan penderita bulimia (salah satu gangguan yang membuat
penderita sulit makan).

Pijat juga dapat meningkatkan berat badan, mengurangi kecemasan, depresi,
hipertensi, dan kesulitan tidur pada bayi. Bayi akan kurang rewel dan
mengurangi kemungkinan sering terjaga di malam hari. Dari beberapa
penelitian yang dilakukan Tiffany, bayi yang dipijat minimal 15 menit
sehari, dua kali seminggu, akan tidur lebih lelap, berat badan lebih cepat
naik, dan lebih jarang kena penyakit dibanding bayi yang tak dipijat.
Bayi-bayi prematur yang dipijat, misalnya, berat badannya akan bertambah
sebanyak 47% per hari.

Mengobati Flu

Salah satu manfaat terapi sentuhan melalui pijat yang kini mulai
dikembangkan adalah untuk mengobati gejala flu. Penyakit flu, yang ditandai
dengan batuk, bersin, dan hidung tersumbat, memang merupakan 'penyakit
langganan' si kecil. Memang, banyak obat flu tersedia di pasaran. Namun
menurut Dr. Bambang Supriyatno, Sp.A., dari Klinik Anakku Cinere, Jakarta
Selatan, obat-obatan flu itu sebenarnya belum terlalu diperlukan, apalagi
sampai memakai antibiotik. Bisa-bisa malah merugikan si kecil sendiri.

"Kalau anak menderita flu 5-6 kali setahun sih, sebenarnya masih wajar,"
papar Bambang, yang juga spesialis paru anak di RSCM. Orangtua baru perlu
waspada jika anak terlalu sering kena batuk. Sebab selain oleh flu, batuk
juga bisa disebabkan oleh batuk rejan, alergi, asma, pneumonia, atau infeksi
lainnya. "Bisa juga, karena si kecil kurang mendapat kasih sayang dari
orangtua."

Dengan terapi sentuhan melalui pijatan, flu ringan yang masih di tahap awal
itu bisa sembuh dengan segera. Dan sebaiknya, yang memijat adalah orangtua
sendiri. "Sebab kasih sayang orangtua juga berperan penting dalam proses
kesembuhan anak," jelas Bambang. Hal ini juga dibenarkan Utami. "Kebanyakan
orangtua memang membawa anaknya ke dukun pijat. Padahal pijat yang paling
baik adalah oleh orangtua sendiri."

Menurut Bambang, sebaiknya saat memijat untuk menyembuhkan flu, gunakan juga
obat gosok khusus anak. Obat gosok ini sangat membantu dalam menghangatkan
tubuh si kecil dan melonggarkan saluran pernapasan.

"Tapi sebaiknya jangan memakai obat gosok yang bisa berubah dari hangat
menjadi dingin," tambahnya lagi. Obat gosok sebaiknya juga lembut dan tak
lengket di kulit. Untuk bayi dan anak, sebaiknya gunakan balsem yang khusus
untuk bayi dan anak. Namun yang terpenting, kata Bambang, obat gosok itu tak
menimbulkan alergi pada kulit bayi. Dan, Bambang mengingatkan, terapi ini
hanya boleh dilakukan untuk flu dan batuk ringan.

Jika si kecil tak sakit, menurut Utami, sebaiknya yang dipakai adalah
minyak-minyak alami, seperti minyak telon, minyak kelapa atau minyak zaitun.
"Minyak kelapa, selain murah dan bisa kita buat sendiri, juga aman dan
lembut bagi kulit anak."