Bapak & Ibu,
Bisa dirangsang oleh kita Ibunya atau pengasuh nya, contohnya waktu anak saya belajar
mengatakan
sudah, kita dahulu yang mengatakan "su" lalu dia mengikuti kata "dah" (begitu juga
dengan
kata-kata yang lain), jangan bosan-bosan untuk mengulang terus menerus, sekarang anak
saya 15
bulan sudah bisa bilang kata "sudah"  dengan bersih, dan sudah bisa jawab telp secara
sederhana
misalnya kalau kita tanya ; Putri sudah makan .. ? dia jawab sudah. Mungkin dia belum
terlalu
mengerti arti pertanyaan saya tapi paling tidak dia sudah bisa merespon dengan benar.

Intinya Orang tua sebaiknya aktif untuk merangsang anak supaya rajin mengeluarkan
kata-kata
(walaupun awalnya tidak jelas), Jangan bosan-bosan ajak si anak bercerita/ ngobrol
walaupun dia
belum mengerti - enggak apa-apa. Jangan lupa memberi pujian kalau si anak berhasil
mengucapkan
kata-kata tertentu.
Semoga bisa  membantu.

Salam