TANYA:
Mohon informasinya, anak saya saat ini (01-april-01) berumur 4,5 bulan
tetapi kok belum bisa tengkurap, mesti di bantu dengan di miringkan terlebih
dahulu, kalau sudah tengkurap tidak bisa kembali, dan lehernya belum kuat
(tidak diangkat-angkat. apa penyebabnya dan solusi mengatasinya.

JAWAB:
Belum tengkurap umur 4,5 bulan harus menjadi perhatian apalagi kepala belum
kuat. Biasanya bayi ini mengalami hipotonia, yaitu kekenyalan otot yang
kurang. Bisa disebabkan sesuatu yang memerlukan penatalaksanaan lebih
lanjut. Apa ia sudah bisa melihat dengan baik, mau tertawa dan mengenal
ibunya?

Saya setuju. Perkembangan motorik kasar sebenarnya ada suatu 'range' yang
luas, jadi tidak selalu suatu kemampuan harus dicapai pada waktu tertentu.
Tetapi syaratnya, semua pemeriksaan yang lain harus normal. Beberapa
patokan:
1. Leher harus sudah kuat
2. Bila dipegang pada ketiak kemudian diangkat, selain leher kuat juga bahu
tidak boleh terkulai.
3. Bila ditengkurapkan sudah mengangkat kepala sebentar.
4. Telapak tangan sudah harus terbuka.
5. Sudah mau meraih.
6. Sudah mengeluarkan suara "aaa,aaa", mau tertawa, responsif bila diajak
bermain.
7. Sudah mengenal ibunya.

Persoalan tidur telentang atau miring atau tengkurap ini memang
berubah-ubah. Dulu katanya lebih baik tidur tengkurap karena baik untuk
perkembangan motor, terakhir dikatakan lebih baik bayi tidur terlentang.
Anjuran terakhir ini dikeluarkan oleh AAP (American Academy of
Pediatrics)dan hal ini dihubungkan dengan kejadian SIDS (suddent infant
death syndrome) yang lebih banyak pada bayi yang tidur terlentang. Memang
bayi yang tidur tengkurap kecepatan perkembangan motornya lebih baik dari
yang tidur terlentang.

Semoga Bermanfaat

Semoga membantu

DEDE MAULANA
mailto:[EMAIL PROTECTED]
- join bisnis sampingan? klik dibawah ini:
http://www.borntosuccess.com/index.php?member=maulana

- Anda membutuhkan Buku Panduan membantu anak belajar dengan
  memanfaatkan multiple intelligencenya? hub saya via Japri