From: Taufan Surana [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Friday, January 17, 2003 12:06 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Tanya Flash Card dan Dot Card

Sharing dikit ya....

Banyak yg tanya lewat japri (tapi saya balas lewat milis aja
supaya yg lain juga tah), apakah flashcard dari Mentari ini sama dg
flashcard yg akan diluncurkan oleh BalitaCerdas.com.

Saya belum pernah melihat langsung flashcards Mentari itu,
tapi dari keterangan Ibu Farah, saya sedikit ada gambaran.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa flashcards itu banyak
sekali jenis dan tujuan penggunaannya ataupun usia
pemakai.

Sepertinya, perbedaan dg BalitaCerdas.com (BC.com) adalah:

1. Yg jelas, bahasanya lain. BC.com pakai Bhs Indonesia.
2. Jumlah kartu per serinya. BC.com hanya 10 kartu/seri, tapi ada 10 seri.

3. Utk tujuan dan target pemakai sepertinya juga lain.
Kalo dari ket. Ibu Farah yg singkat itu, hal.depan kartu Mentari
adalah gambar, dan halaman belakangnya adalah
keterangan drmana asal, fungsi, dsb.
Jadi, sepertinya flashcard Mentari itu BUKAN utk belajar
membaca spt yg dimaksudkan di metodenya Glenn
Doman, tetapi utk usia anak yg sdh bisa baca.

Mungkin Ibu Farah bisa koreksi apakah
perkiraan saya ini benar atau salah.
Apakah di manualnya dijelaskan utk melakukan flashing
selama 1 detik utk setiap kartunya ?

Soalnya kalo flashcards metode Glenn Doman yg sedang
dibikin oleh BC.com adalah utk belajar membaca
dimana hal.depannya gambar, misalnya gambar ayam,
maka di hal.belakangnya HANYA tulisan "ayam".

Kmd, flashcards BC.com juga bisa digunakan utk
permainan pengembangan memori otak kanan (image training)
menggunakan metode Shichida yg hanya diajarkan
di sekolah Shichida. Jadi, ceritanya itu kami "nyuri"
ilmunya sekolah Shichida. Boleh kan ya... :)
Cara bermainnya akan dijelaskan di manual flashcards nantinya.

4.  Ukurannya, sepertinya hampir sama. Flaschcard BC.com
ukurannya kertas A5 (setengahnya kertas A4).

5. Harganya, belum tahu. Krn masih dlm tahap disain,
harga utk BC.com belum tahu sama sekali.

Apalagi ya.... ?

Ini dulu deh... kalo masih ada yg ingin ditanyakan,
silahkan.

salam,

Taufan