Dear netters,

Cerita ini saya dapet dari teman kantor saya yg dapet forward-an email ini dari adiknya yg juga dapet forward-an dari temannya lagi yg umat Nasrani. Tapi isinya benar-benar harus saya forward ke netters sekalian.

Best regards and always take care,
Mamanya Joya

Hi, ini kisah nyata, Ernie itu temen baik cici gua,
Semoga hal ini tidak terjadi pada kita semua..
(pdhl gua baru nyampe kantor .. abis ambil suster baru lagi..
soalnya suster lama pulang... huh pusing...)
-Emi-

Minggu, 26 Jan 2003
Gue baru found out bhw selama hampir 1 1/2 bulan ini,
sejak ada suster baru utk Jessica Emily malah membuat
Jessy jadi makin stress berat.

Akhir2 ini Jessy rewel sekali, cengeng dan maunya
nempel sama gua terus. Gak mau minum susu, kalo ke
sekolah HARUS gue anter, dan kalo ditinggal, dia
nangis sejadi2nya. Begitu juga kalo siang2 gue telpon
dari kantor ke rumah, dia bisa nangis terus, dan
bilang gini sambil nangis :
"Ma, mama pulang yaaaaa .. Jessy takut ..." terus2an
dia bilang begitu, sampe gak bisa putusin pembicaraan
telpon, wkt itu gue cuma bilang :"Jessy gak usah takut
ya, kan ada Tuhan Yesus yg jagain Jessy", dan sama
sekali gak terbersit di pikiran bhw dia dianiaya di
rumah.

Gue mikir kenapa juga Jessy jadi seperti itu padahal
dulu2nya gak pernah. Akhirnya, wkt Minggu kemarin, gue
ajak Jessy jalan2 (w/o baby sitter nya), dan gua tanya
kenapa dia takut dan selalu bilang gak mau sama Sus
Yayuk. Dia gak bilang dia dipukul, tapi pas gue tanya,
apa dia pernah dipukul, dia baru angguk-angguk. Satu2
persatu anggota badan gue tanya, bagian mana yg
dipukul, dia jawabnya dada nya. Dari pengakuan Jessy
juga, bhw mulut Jessy dicocolin sambel dan dengan jari
telunjuk si suster, mulut Jessy dicolok2 sampe ke
dalam. (Jessy tunjukin itu semua dengan gaya).

Gue lalu cross check dengan susternya Jason (gue ambil
dari yayasan yang berbeda), barulah si Sus Wati ini
cerita kejadian yg sesungguhnya.

Jadi gini, kalau lagi makan, Jessy lama telannya, lalu
muntah di piring, itu muntahan plus nasi sepiring
semuanya di tumplekin ke muka Jessy. Lalu Jessy
ngompol di kursi makan, si suster edan ini kemudian
selepet muka Jessy pake KAIN PEL! Gue pulang dari
kantor, liat Jessy ada memar di atas bibirnya dan di
pipi sebelah kiri, dan kupingnya ada bintik2 merah 3,
lalu di kuping bagian atasnya itu yg nempel ke kepala,
kayak mau robek gitu, lecet yg agak dalam. (belakangan
kata si Wati, bhw setelah pukul Jessy itu dia bilang
ke Wati gini : "Nanti kalo ditanya Ibu bilang aja abis
dicakar Jason". Si Wati nya gak mau, krn dia kan yang
jaga Jason).

Si suster Yayuk sendiri pas gue interogasi selama 1
1/2 jam tidak mau ngaku, bahkan nantangin gue begini :
"Saya engga pernah pukul Jessy, kalau saya bentak
pernah. Ibu kalau gak percaya boleh tanya Suster Wati"
- (dia gak tau kalo gue udah cek sama si Wati dan udah diceritain sama
si Wati semuanya). Gue panggil si Wati, dan pas ditanya di dpn si Yayuk,
si Wati jawab "YA" (pertanyaan nya : Wati, pernah gak kamu liat Yayuk
pukul Jessy).

Yg paling parah adalah, setelah akhirnya ngaku, si
Yayuk ini gak mau disuruh beresin barang2nya utk
pergi, dia nangis sejadi-jadinya, minta maaf beribu2
kali sama gua, cium tangan gua, minta dikasih
kesempatan ke dua, mau bertobat, mau berubah dan
segala macam upaya dia demi supaya gue gak keluarin
dia.

Gue cuma bilang begini : Saya sudah maafin kamu, tapi
saya gak bisa kasih kesempatan kedua itu ke kamu.
Kalau kamu mau bertobat dan berubah menjadi baby
sitter yg baik dan sabar, silakan coba di tempat lain
dan bukan di rumah saya. Dia masih terus begging2,
sambil bilang, Ibu pukul saya aja, saya masih mau
kerja di sini, saya gak usah digaji, saya sayang sama
Jessy, dan segala bullshit lainnya dah, which I don't
buy it anymore.

Gue bilang gini ke dia, "Yayuk, saya tidak akan pukul
kamu. Kamu bolongin baju saya dengan setrika wkt itu
juga saya gak pukul kamu kan? Saya juga gak potong
gaji kamu.  Asal kamu ingat itu."

Akhirnya dia pergi (setelah kami suruh dia tanya ke
Jessy, apa Jessy masih mau dengan Sus Yayuk, yg
dijawab Jessy dengan gelengan kepala, tapi Jessy
menganggukan kepala wkt saya bilang ke Jessy, "Jessy
maafin Sus Yayuk ya"), setelah semua barangnya gue
bongkar, sampe ke dompet nya. Terus terang selama gue
periksa barang orang yg mau berhenti, gak pernah gue
periksa dompet nya, tapi ini krn udah terbukti dia
tukang bohong, dan beberapa hari yll kita sempet lupa
kunci kamar dan ninggalin kunci tergantung di pintu
kamar, gue jadi terpaksa bongkar semua sampe ke dalam2 dompetnya semua.
Untunglah gak ada barang gue yg diambil.

Tapi ada satu surat pembelian giwang emas, yg dia beli
tgl 15 Jan 2003 (Rabu), di pasar Sunter (which is jauh
dari rumah gue dan harus nyebrang jalan berkali2), dan
dia pergi ke sana dengan pembantu tetangga, pada wkt
Jessy sekolah. (Artinya dia keluyuran dan bukan stay
di rumah).

Gue dan Apang belajar banyak dari kejadian ini, dalam
arti, betapa kami sebagai orang tua yg bekerja,
dituntut utk lebih peka terhadap kebutuhan anak,
terutama kebutuhan psikis nya, dan wkt itu apang juga
minta maaf sama Jessy krn selama ini kalau Jessy
nangis dan gak mau sama suster Yayuk, dikira apang dia
cuma manja aja, dan Jessy dimarahi dan diserahkan ke
Yayuk. Kami kembali berpikir, betapa tugas menjadi
orang tua itu berat, betapa kami harus mendidik dan
menjaga anak2 yang Tuhan sudah percayakan untuk hadir
dalam rumah tangga kami untuk kami pelihara dengan
bertanggung jawab. Gue dan apang mempunyai perasaan
bersalah sekali karena kurang sensitif terhadap 'teriakan-teriakan'
Jessy, dan terlalu percaya dengan suster yg baru ini (krn sebelum2nya
selalu memperkerjakan suster2 yg dapat dipercaya).

Sekadar informasi saja :
Nama : YAYUK EKA SETIAWATI
Tgl lahir : 5 Juli 1982
Asal : Lampung
Diambil dari YAYASAN ELITA FIRLITA (di Kramat,
belakang RS St. Carolus) Telp. 315-6972 (Ibu Asih/Ibu
Umi)
Mengaku punya pengalaman kerja selama 1 1/2 tahun di
Kelapa Gading, Jl. Janur Elok III Blok QE 3 No. 7
(telpon 452-5712).
Penampilan : Gemuk gempal, tinggi kira2 150cm, rambut
agak shaggy, matanya belok sekali, di bola mata
sebelah kiri ada bercak coklat kecil, kulit kuning
kecoklatan, mempunyai senyum yang menawan dan manis.
Tutur kata sangat sopan, dan kelihatan sangat patuh di
depan majikan, serta tidak pernah membantah.

Bagi teman2 yg kiranya perlu mencari baby sitter, agar
lebih selektif dan berhati-hati.

Tolong doakan juga bagi pemulihan jiwa Jessy atas
peristiwa ini, supaya kami orang tuanya, boleh Tuhan
pakai utk menghibur Jessy dan membantu dia utk
melupakan pengalaman pahit ini.

=====
~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*~*
\o/ "In Everything, Give Thanks" \o/
/~\                                          /~\
http://mailplus.yahoo.com

This message is intended solely for the individual(s) and entity(s)
addressed.  It is confidential and may contain legally privileged
information.  The use, copying or distribution of this message or any
information it contains, by anyone other than the addressee, is prohibited.
If you have received this message in error, please notify
[EMAIL PROTECTED] .  The mailbox address from which this message
has been sent is for business mail only. Mail sent to it may be subject
to security scanning and delivery on non-business messages sent to this
address may not occur. Thank you.