TANYA:
Dokter yth,Bayi saya berumur tujuh bulan dengan semua perkembangannya
normal, namun sampai saat ini masih belum kami beri makanan, jadi hanya susu
formula saja. Yang ingin saya tanyakan kapan sebaiknya bayi sudah boleh
mulai makan? Dan apakah bayi boleh mengkonsumsi ikan?

JAWAB:
Bayi sudah boleh mulai diberi makan pada usia 4 atau 5 bulan. Pada usia ini,
mulai diperkenalkan makanan pendamping ASI, berbentuk makanan lumat, karena
bayi sudah mempunyai refleks mengunyah. Contoh makanan berbentuk lumat
antara lain buah pisang, jeruk, pepaya, bubur susu dan biskuit (biskuit yang
khusus untuk bayi), diberikan 2 x sehari. Dengan meningkatnya usia, keadaan
alat pencernaan bayi semakin kuat. Usia 6 - 7 bulan diberikan tim saring,
dan mulai usia 8 bulan diberi tim biasa. Setelah dapat makan makanan yang
di-tim, perlu diperhatikan pemberian gizi seimbang, yang dapat dipenuhi
dengan bahan makanan sbb:
-sumber hidrat arang : beras, kentang, roti, tepung, dsb
-sumber protein : susu, daging sapi, ayam, ikan, hati, tempe, tahu, keju,
kacang hijau,dll
-sumber vitamin dan mineral : sayuran dan buah-buahan.
Untuk bayi Bapak / Ibu yang sudah berusia 7 bulan, mulailah memperkenalkan
makanan dalam bentuk lumat dalam porsi kecil, selanjutnya secara perlahan
bentuk makanan dipadatkan dan porsi ditambah. Ikan boleh diberikan, dengan
catatan benar-benar bebas dari duri, dan diberikan pada bayi yang sudah
mendapat nasi tim.

Dapat saya tambahkan contoh pengaturan jadwal makan bayi sbb:
1.      Untuk bayi usia 4 bulan :
        pkl. 06: ASI /PASI ,
        pkl. 08: ASI/ PASI,
        pkl.10 : saribuah,
        pkl 12. bubur susu ( padat I)
        pk 14 : ASI, pkl.
        16:biskuit,
        pkl 18 : ASI, dst diberi ASI.

2.      untuk bayi 5 bulan :
        pkl. 06: ASI /PASI ,
        pkl. 08: bubur susu,
        pkl.10 : sari buah,
        pkl 12. ASI,
        pk 14 :biskuit ,
        pk 16 :ASI,
        pkl 18: bubur susu,
        dst diberi ASI.

3.      untuk bayi 6 bulan :
        pkl. 06: ASI /PASI ,
        pkl. 08: bubur susu,
        pkl.10 : buah (lunak) ,
        pkl 12.bubur tim saring (padat II) ,
        pk 14 :ASI,
        pk 16 :biskuit,
        pkl 18: ASI, dst diberi ASI.

4.      untuk bayi 7 - 8 bulan :
        pkl. 06: ASI /PASI ,
        pkl. 08: bubur tim,
        pkl.10 : buah (lunak) ,
        pkl 12.ASI,
        pk 14 :bubur tim ,
        pk 16 :biskuit,
        pkl 18: ASI, dst diberi ASI.

5.      untuk bayi usia 9 bulan :
        pkl. 06: ASI /PASI ,
        pkl. 08: bubur tim,
        pkl.10 : buah (lunak) ,
        pkl 12 :ASI,
        pk 14 :biskuit,
        pk 16 :ASI,
        pkl 18:nasi tim ( padat III ) , dst diberi ASI.

Untuk anak bapak / ibu, sebenarnya sudah masuk kelompok usia 7 bulan, tetapi
karena belum dimulai sejak usia 4 bulan, maka tetap diberikan sepertipada
usia 4 bulan, dan secara bertahap dan perlahan-lahan disesuaikan dengan
usianya. Prinsip jenis makanan yang diberikan pada bayi sbb :

1.Makanan yang segar dan bervariasi, agar anak tiodak bosan itu-itu saja.
2.Sumber protein nabati : tempe, tahu, kacang-kacangan, dll
3.Sumber proteinhewani : ikan, bisa dari segala jenis, tetapi seperti pesan
dr.Anna sebelumnya,
  jangan sampai masih ada durinya.
4.Sumber hidrat arang /karbohidrat : ubi , jagung, mie, bihun, dll
5.Sayur dan buah : terutama sayur berwarna hijau tua (bayam,kangkung, daun
singkong), dan buah
  berwarna kuning / orange.
6.Susu kaya protein dan vitamin, minimal 3 kali sehari

Terima kasih telah membaca.
Hope you are well and please do take care.

Semoga Bermanfaat

Be Happy Everyday :  http://www.borntosuccess.com/index.php?member=maulana

Thanks

Dede Maulana
mailto:[EMAIL PROTECTED]
mailto:[EMAIL PROTECTED]

- Anak Unggul Berotak Prima (Dr.Tony Setiabudi Ph.D&Dr.Hadywinoto. SKM)
  sebuah buku untuk membantu para orang tua dan pendidik untuk dapat
mempersipakan
  putra-putrinya menjadi anak yg cerdas dan dan berotak prima.
  Hubungi saya via Japri untuk mendapatkan buku tsb.

- Setipa Anak Cerdas ( Thomas Amstrong)
  Sebuah Buku yg membahas tentang kecerdasan yg dimiliki setiap anak, dimana
setiap
  anak tsb memeliki 8 kecerdasan dengan kadar yg berbeda, apa saja?
  Hubungi saya via Japri untuk mendaptkan buku tsb