Dear ibu-ibu,

Menurut saya, anak kuning bukan karena An-Thay-Yo.  Sewaktu kakak saya dan
juga sewaktu saya melahirkan di RS Borromeus Bandung, ternyata banyak sekali
bayi yang terkena kuning.  Malah di rumah sakit bersalin lainnya di bandung,
kasus bayi kuning memang banyak sekali.  Dan menurut dokternya, bayi kuning
adalah wajar karena tubuhnya masih belum mampu memecah protein (kalau saya
tidak salah).  Dengan dijemur sinar matahari pagi juga akan hilang sendiri,
kecuali kalau kuningnya agak parah harus disinar dengan lampu ultra-violet.

Saya dan dua orang kakak perempuan saya adalah pemegang tradisi "minum
an-thay-yo" kalau hamil, dan sejauh ini anak-anak kami tidak bermasalah,
malah semasa dalam kandungan pertumbuhan janinnya cepat.  Tapi tentu saja
kalau ditanyakan ke dokter rata-rata jawaban dokter pasti "antipati" ke
ramuan tradisional (kecuali beberapa gelintir dokter yang tdk anti ramuan
tradisional).

Selain itu karena namanya ramuan, resep an-thay-yo walaupun secara garis
besarnya sama, tetapi antar resep ada perbedaannya. Pada prinsipnya,
jenis-jenis ramuan tradisional memang ada yang percaya, ada yang tidak.
Hanya saja untuk bayi kuning ..... kalau menurut saya pribadi pasti bukan
disebabkan oleh an-thay-yo, hanya saja an-thay-yo yang biasanya dijadikan
"kambing hitam" oleh para dokter:-) .....  Anyway, terserah kepercayaan
masing2 sih ... (kayak saya mau jualan an-thay-yo aja ya?:-)).

Demikian sharing saya.

Holiwati