Mbak Rini,
Saya dulu juga sempet mengalami lecet saat umur anak saya 1 minggu, tapi setelah
diberitahu Ibu mertua saya dan saya baca dari buku, ternyata saya salah cara
menyusuinya dan salah posisi.
Jadi lecet sebenernya bisa dihindari dengan posisi menyusui yang benar dan semua
bulatan hitam payudara itu harus masuk ke mulut anak. Bukan hanya putingnya saja. Kalo
sudah semua masuk, tidak akan sakit kalo disusui. Setelah saya praktekkan memang betul
dan tidak lecet lagi. Untuk yang sudah terlanjur lecet saya tidak pake obat apa-apa.
Cukup diolesin dengan ASI dan diangin-angin sebentar, kasih sinar matahari sedikit
(tentunya ditempat yang tidak bisa dilihat orang ya...:-). Ini dilakukan pada saat
anak kita sedang tidur. Kalo masih sakit, gunakan sambungan puting yang dari plastik
itu (untuk sementara, sampe lukanya sembuh). Paling 2 hari. Setelah itu bisa disusui
langsung lagi. Pokoknya kitanya jangan menyerah.
Gitu aja semoga bermanfaat.
Salam Bundanya Nayla.

 Fitriyah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Kalau saya pakai minyak sariawan cek Assam (di
Kwitang belinya dekat Gunung
Agung, tanya aja orang sana), karena dicoba beberapa krem nggak mempan. Tapi
itu juga lama sembuhnya, krg lebih 1 bulan.
Kalau dibilang Ibu itu banyak sekali pengorbanannya buat anak, ya itulah
salah satu-nya, biarpun sakit, tetap saja berikan ASI-nya Mba' nanti hilang
sendiri (sampai-2 kalau lagi memberikan ASI, keluar keringat dingin, menahan
sakitnya).

Kalau payudara bengkak, dimessage aja, trus dikompres air hangat dan dingin
bergantian, 1 hari 2 kali.

Salam buat temannya, mudah-2an sabar ya...selamat menyusui...
/Fitri