Saya belum pernah mengalami seperti ini.
Tadi saya sudah japri ke Mbak Aida, tapi karena di sini ada diskusi, saya
mau kasih masukan.

Mohon maaf ke Mbak Lilis & Mbak Reny, saya kok nggak setuju kalo anak harus
dibohongi.

Menurut saya sudah benar yang Mbak Aida lakukan, yaitu menyampaikan yang
sebenarnya, bahwa Ayahnya ada di kota X. Kalau masih bertanya lagi, jawab
juga sejujurnya, tentunya dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami anak
Mbak.

Contohnya, Ayah dan Ibu sudah pisah. Nggak seperti teman-temanmu yang lain,
yang ayah dan ibunya masih di satu rumah.
Ayah ngapain di kota X? Jelaskan apa adanya yang dilakukan di sana. Kerja
kah, dst.
Kapan pulang? Rumah Ayah sudah bukan di sini. Tapi di kota X. Jadi pulangnya
ke kota X, nggak ke sini. Tapi kapan2 Ayah akan datang ketemu Adik (kalo
memang benar begitu).

Mungkin Pak Taufan punya masukan untuk masalah seperti ini, dan apakah benar
lebih baik dibohongi.

Demikian masukan saya. Semoga bermanfaat.
Mohon maaf jika kurang berkenan.

Salam,
Meutia

Disclaimer: This email have been scanned by Indosat's anti virus system !!!