di jakarta ada gak sih tempat penitipan bayi? anak saya umurnya 4 bulan
saya cuma punya 1 pembantu, kalau saya pergi saya suka bingung mau menitipkan anak saya dimana.karena keluarga saya di luar kota

-ibu wina-

-------Original Message-------

Date: Monday, February 24, 2003 11:03:12
Subject: RE: [balita-anda] Authis

Ibunya Rafi,

Saya coba jawab sebatas pengetahuan yg saya tahu dari Dr.Rudy,
dan juga comment Dr.Rudy bbrp tahun yll di milis ini juga.

Ibunya Rafi:
1. Apa beda penyebab dan pemicu ?
pemahaman saya, kalau pemicu berarti sudah ada faktor-2 dalam diri si anak
yang potensi untuk menyebabkan autis, nah untuk mengetahuinya bagaimana ?
Bila mengetahui sebelumnya, mungkin orangtua bisa memutuskan perlu tidaknya
mmr, dan si anak terhindar dari autis.

Taufan:
Betul. Pemicu berarti sudah ada faktor (faktor genetik) dalam diri si anak
yang potensi untuk menyebabkan autis.
Cara mengetahuinya dg pasti memang sepertinya sulit, spt dikatakan di
artikel dari Pak Andy itu.
Tapi yg jelas, jika ada saudara (kakek, nenek, ayah, ibu, dsb.) yg menderita
autis, kemungkinan timbul
setelah imunisasi MMR jauh lebih besar.

Dibawah ini komen Dr.Rudy yg masih saya simpan:
---
Autisme memang diketahui salah satu adalah faktor genetik. Tetapi, menurut
Prof. Paul Shattock juga, faktor genetik ini ibarat peluru, bila tidak ada
pemicunya (MMR) maka tidak terjadi letusan (autisme). Sama halnya bila ada
pemicu tetapi tidak terdapat pelurunya, tidak terjadi apa-apa. Selama ini
tidak pernah diketahui adanya wabah penyakit genetik, dan karena terjadinya
di seluruh dunia tanpa dibatasi pada faktor ras, sosial-ekonomi, dlsb., maka
tentulah ada faktor yang sama, d.h.i. MMR.
---

Ibunya Rafi:
2. Kalau menurut keterangan Pak Taufan, jika di keluarga tidak ada yang
menderita autisme, mmr cukup aman untuk anak. walau sedikit persentasenya,
apa ada faktor keturunanan ?

Taufan:
Krn ada hub. dg faktor genetik, berarti faktor keturunan ikut menentukan.
Bukankah begitu ?

Masalah hub. MMR dan autisme ini memang cukup pelik, dan membuat kita orgtua
jadi serba salah
krn ada rasa takut. Kalo diberi MMR takut autisme, tapi kalo tdk diberi juga
takut kena akibatnya
jika tdk diberi MMR.

Yg paling aman memang diberikan M, M, R secara terpisah, tapi sayangnya di
Indonesia
belum ada. Dr.Rudy pernah menghubungi saya utk mengusahakan M,M,R pisah ini
utk diexport ke Indonesia, tapi ternyata tdk mudah urusan export/import
vaksin ini,
krn saya sendiri bukan pelaku bidang exim ini.

Anak saya yg pertama imunisasi MMR di Jakarta, dan Alhamdulillah s.d. saat
ini tidak
ada kelainan apapun, krn di kel. saya tdk ada history yg terkena autisme.

Sedikit masalah hub. MMR dan autisme ini, dibawah ini komen Dr.Rudy lagi
yg menjelaskan lebih teknis dari bidang kedokteran:
MMR dikaitkan dengan autisme, karena terjadi proses autoimmune, yaitu
terjadi anti-MBP. MBP (Myelin Basic Protein) adalah jaket pada serabut
syaraf. Dengan terjadi anti-MBP ini, terjadi kerusakan MBP sehingga syaraf
di otak tidak lagi dapat berfungsi menghantarkan sinyal-sinyal syaraf.
Ibarat kabel listrik yang terkelupas plastik pembungkusnya, sehingga terjadi
kortsluiting (hubungan pendek). Pada penelitian Vijendra Singh, diketahui
bahwa semakin tinggi titer antibodi terhadap measles, semakin tinggi pula
titer anti-MBP, sehingga semakin luaslah kerusakan yang terjadi di otak.
Penelitian terakhir dari Anne Connoly, terjadi juga anti-brain endothelium.
Yaitu proses autoimmune terhadap pembuluh darah yang terdapat di otak.

Jika mau tanya lebih detail langsung ke Dr.Rudy, gabung saja di
milis diskusi-autis.
Atau. kunjungi saja website:
www.puterakembara.org
Banyak info yg bermanfaat ttg autisme ini.

salam,

Taufan

Saya kurang mengerti nich...tolong dijelaskan ya .,,,
[...]

Terima kasih atas pencerahannya.

Salam,
Ibunya Rafi