From: Veronica Adeline [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, March 05, 2003 10:24 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] ASI tak lancar

Dear netters,

Saya anggota baru di sini.. Salam kenal buat semua...
Saya baru punya 1 anak, sekarang usianya 4 bulan.
Waktu itu luka jahitan saya sempat 'kumat' sakitnya
pada minggu ke-3 setelah melahirkan. Padahal menurut
DSOG ku, lukanya udah kering & seharusnya udah sembuh
total. Saya mesti minum obat anti radang. Mungkin luka
di dalam belum sembuh. Krn takut obatnya masuk ke ASI,
saya sempat berhenti menyusui 10 hari. Sejak itu
produksi ASI ku berkurang drastis. Kalau dipompa pun
sampai sekarang hanya bisa dapat 20 ml malah kadang
kurang. Meskipun sampai sekarang saya sering makan
daun katuk & minum kapsul lancar ASI.
Kesulitan lain, sekarang bayi saya pun kadang menolak
ASI karena mungkin lebih enak menyusu dari botol,
lebih cepat & lebih banyak. Hanya kalau dia mau tidur,
kadang2 baru minta nyusu ASI.
Apakah rekan2 ada yg mengalami hal serupa? Mohon
sharingnya... dan apakah masih mungkin untuk
memperbanyak produksi ASI saat ini? Jika tidak bisa,
mungkin saya sebaiknya berhenti menyusui ya?

Terima kasih banyak sebelumnya...

Adeline