Mamanya Nadira yg lagi kesel...................
Saya juga  ngalamin hal seperti itu, anak saya bulan Oktober ini baru umur
4 thn dan beberapa TK yang saya datangin tidak menerima anak yg diatas
bulan juli baru 4thn, jadi batas umur bulan juli thn ini sudah 4thn....
Kayaknya peraturan ini tergantung dari sekolahannya masing-masing
bu...Kalau saya perhatikan ya...sekolah yang menerapkan peraturan ini
adalah TK yang ada lanjutannya yaitu ada PG, TK , SD dan SMP.Saya tanya ke
Al-Azhar Bintaro, Aulia dan An-nisaa, mereka semua minta batas umur Juli
ini baru 4thn...rugi umur kan anak kita? he..he..
Apalagi di An-nisaa untuk tahun ini tidak menerima murid TK karena dari
Play Groupnya semua naik ke TK......pusing kan bu?..........tapi ada juga
TK yang bisa menerima anak seumuran anak saya koq..akhirnya setelah
mendapat pendapat dari sana-sini, dan saya ajak anak saya keliling melihat
sekolah-sekolah akhirnya saya daftarin ke TK yang tidak ada lanjutan untuk
SD nya, jadi khusus play group dan TK aja, tapi mereka bekerja sama dengan
SD lain.....toh saya pikir anak 3 - 4 thn sekolah itu untuk Have Fun
..........jadi malah saya milih sekolah yang tempat bermain nya luas dan
fasilitasnya bagus...dan anak juga senang dan tidak merasa dibebani untuk
sekolah.......
Kalau peraturan pemerintah saya juga kurang tau ....
Sorry kepanjangan.............. segitu dulu sharing saya...

Salam,

Shanti

                    "Diah

                    Rosdiana"            To:     <[EMAIL PROTECTED]>
                    <[EMAIL PROTECTED]        cc:

                    id>                  Subject:     [balita-anda] batas minimum usia
TK

                    03/17/2003

                    01:02 PM

                    Please

                    respond to

                    balita-anda

Rekans yth,
Curhat sekalian Tanya nih ...
Sebenarnya ada nggak peraturan pemerintah mengenai usia minimum masuk TK
Karena kok beberapa TK yang saya datangi (dan saya anggap bagus) meminta
juni /juli sudah 4 tahun...
Lha kalau anak saya 4 thn nya di bulan agustus ..kapan bisa masuk tk
nya?
Apa iya harus ngulang PG lagi alias rugi umur atau masuk TK yang
biasa-biasa?
Atau ada alasan secara psikologis nya? Kalau dibandingkan dengan
teman-temannya yang beda 6 bln - 1 thn sih anak saya malah kelihatan
lebih matang dan lebih pintar, baik di logika dan perilaku ....
Dan rasanya kok lucu banget kalau ada tk yang Cuma terima murid dari PG
nya...memangnya setiap anak harus masuk PG dulu sebelum TK? Meski anak
saya dari PG tapi rasanya lucu aja kebijakan seperti itu.....

Ada rekans yang bisa memberi masukkan? Apa ini kebijakan masing-masing
sekolah?

Mamanya Nadira
(yang lagi kesel karena nggak bisa masukkin Nadira ke TK yang
diinginkan)