Semoga bermanfaat.

Sterilisasi. Tujuan : Membunuh mikroorganisma sehingga bisa mencegah infeksi
dan penyebaran penyakit. Proses sterilisasi sudah dimulai sejak akhir tahun
1800-an.
Sterilisasi yg proper dilakukan dengan cara : dibakar, di-uap air, air
mendidih dan bbrp bahan kimia.
Metoda sterilisasi tergantung pada tipe mikroorganisme yg akan dimusnahkan.
Misalnya menyaring suatu larutan dengan saringan/filter dapat mengurangi
jumlah bakteri dalam larutan tersebut. Akan tetapi virus masih ada dalam
larutan bila hanya disaring. Spora bakteri dapat bertahan dalam air mendidih
tetapi dengan tekanan tinggi spora tersebut dapat mati.

Ozon secara komersial digunakan untuk memurnikan air dan sebagai pemutih.

Itu tadi tambahan yg saya coba kutip secara "kasar" dari worldbook.
sekedar tambahan ultra high temperature (uht) juga dapat digunakan untuk
sterilisasi.

Sebetulnya kepingin juga nulis untuk proses pengawetan makanan (abis lihat
di ensi ini jadi semangat baca dan mengangguk-angguk setuju sewaktu baca
artikelnya) cuma aku rada-rada telmi kalo mesti translate ke Indonesia, suka
bingung sendiri (kan kasihan kalo netter juga ikutan bingung dengan
tulisanku). Dina (Inong) mamanya Aida mungkin bisa bantu aku ?

Rina Rinso - bundanya Nadya