TANYA JAWAB DG PAK IK (MGMT REPRESENTATIVE PT. INDOMILK)

pak, kalo susu cair uht itu ada bahan pengawetnya pa engga? kan kalo di
> kemasannya selalu ada statement 'no preservative'.
> apa emang bener tanpa preservative? kok bisa tahan lama? prinsip nya
gimana
> ya?
Reply  :  susu UHT tidak memakai pengawet, dikarenakan dengan proses
sterilisasi ultra
high temperature, dimana temperature tinggi dan dalam waktu singkat,
tujuannya supaya
semua mikroba terbunuh dan komposisi gizinya tidak rusak ( saya yakin Ibu
sudah pernah
tahu tentang prisif sterilisasi HTST). jadi tidak diperlukan lagi pengawet
karena secara
prinsif mikrobanya sudah mati dan tidak akan merusak susu lagi. ( Biasanya
pengawet
digunakan untuk membunuh mikroba, misal Gula/garam merupakan bahan pengawet
alami:
mungkin saya kilas balik, pengawetan dapat dilakukan dengan berbagai cara,
;pemberian
pengawet alami, misal gula, garam dlsb, proses : pengeringan, pemanasan :
atau
penambahan pengawet kimia misal : BHA ( sbg antioksidan) dlsb).

> shelf life susu cair uht berapa lama?/ Susu UHT umumnya shelf lifenya
berkisar 9
bulanan
> untuk pembuatan susu cair uht - indomilk, pake bahan2 apa saja ya?/
Pembuatan susu UHT
pada umumnya dibuat dengan dua cara tergantung jenis formulanya : 1. Fresh
milk dicampur
dengan bahan-bahan lain seperti AMF, vitamin, mineral dlsb. 2. Rekombinasi
yaitu :
mencampurkan kembali bahan-bahan bagian dari susu yaitu : SMP, AMF, BMP dan
diperkaya
dengan bahan-bahan lain tergantung bahan fungsional atau sasaran kosumen
mana yang
hendak dicapai.
> dari segi gizi, susu cair uht vs susu cair pasteurisasi lebih bagus mana?
Kedua jenis susu mempunyai komposisi yang berbeda dan tergantung dari segi
formulasinya.
Dari segi gizi biasanya susu UHT lebih baik karena sudah difortifikasi
dengan bahan-
bahan lain seperti vitamin, mineral , fiber dan bahan-bahan lainnya , namun
dari
kesegaran susu Pasteurisasi lebih baik karena dibuat dari Fresh milk murni
( bukan
recombine bagian-bagian susu yang dicampurkan kembali), namun dari segi
shelf life
umurnya susu pasteurisasi lebih pendek karena tidak semua mikroba terbunuh
kecuali
mikroba pathogen.

                      "Putri Jasmen

                      Nurmaviga"                  To:
<balita-anda@balita-anda.com>
                      <[EMAIL PROTECTED]         cc:

                      bile-8.com>                 Subject: [balita-anda] Exp
Date Susu UHT, was:
                                                  tolooong.....anaku boleh
ganti-ganti susu ga?
                      12/08/2005 11:01 AM

                      Please respond to

                      balita-anda

Mbak Uci,

Biasanya susu UHT ini berapa lama yah expired date nya? Bukannya sebulan
kurang yah? Saya sih juga baru mo cobain ke RaRa (15 bln), tapi setelah
susu bubuknya bulan ini habis. Katanya ada yah susu UHT yang exp date
nya hanya kurang dari seminggu/sebulan gitu, benar ndak yah?

Sekalian donk aku mo tanya, kakeknya RaRa kan punya sapi perah sendiri.
Biasanya susunya dijual ke KUD. Apakah susu yg langsung dari perahan itu
bisa langsung dikasih ke RaRa yah (tentunya setelah dimasak dulu)?

Thx yah Mbak or Mom's and Dad's lainnya b4.

-Mamanya RaRa (15 bln)-