Kalau menurut buku yang saya baca, sebetulnya tidak ada batasan usia yang
'saklek'- karena tiap anak punya tahapan perkembangan sesuai dengan
kecepatan adaptasinya masing-masing:

-Sebagian besar batita mengembangkan kemampuan fisik dan kognitifnya
untuk bisa dilatih toilet training saat 18-30 bulan. Namun ada juga yang
baru siap pada usia 4 tahun.
-Penelitian menunjukkan bahwa batita belum bisa menggunakan otot mereka
untuk mengontrol keiningan untuk ke belakang hingga berusia paling tidak 18
bulan.
-Pada usia 3 tahun, sebagian besar batita sudah bisa mengontrol keinginan
untuk ke belakang.
-Sebagian besar batita mengikuti proses ini (anak saya, Pasha 24 bln, baru
sampai tahap 2):
1. mengendalikan (kontrol) pup di malam hari
2. kontrol pup di siang hari
3. kontrol pipis di siang hari
4. lalu terakhir- kontrol pipis di malam hari.

Beberapa tanda batita sudah siap untuk toilet training (walaupun ini juga
bukan patokan pasti, tak ada larangan untuk melakukan toilet training lebih
awal jika mau):
-Bisa mengkomunikasikan secara verbal sensasi/perasaan yang dialaminya,
seperti rasa lapar, dan memahami permintaan sederhana.
-Menunjukkan ketertarikan untuk ke belakang.
-Bisa berjalan, duduk dan jongkok.
-Bisa menarik celananya sendiri ke atas dan ke bawah.
-Punya kemampuan meniru orang lain
-Bisa menarik diapers atau celananya saat basah/terkena pup.
-Mau mencoba atau duduk di pispotnya, atau di toilet
-Diaper/celananya tetap kering paling tidak hingga 3-4 jam- (karena itu tiap
3-4 jam sekali coba ajak Fawzan untuk ke toilet mbak )

Best times to try:
-Umumnya keinginan untuk pup terjadi setelah saat sarapan/makan, dan kondisi
perut penuh menstimulasi usus untuk mengosongkan 'tanki'-nya sekitar 20-30
menit setelah waktu makan.. jadi kalau mau coba toilet training untuk pup
sekitar setengah jam setelah makan.

Semoga membantu ya :)

regards,
Hera

On 1/8/06, Fitrina Mucshin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear All,
> minta masukannya dong, anaksaya sudah 27 bulan, tapi pipis dan bab nya
> belum pintar ke toilet.  saya mungkin memang agak telat ngajarinnya,
> sekarang ini saya biasakan dia dak pake diapersnya sehari-hari alias pake
> celana saja, tapi jadi sering pipis dimana-mana, akibatnya jadi takut
> ngotorin tempat shalat kita dan satu lagi kebetulan saat ini saya tinggal
> di
> brisbane dan rent unit yang berkarpet, jadi kalau pipis di karpet
> bersehinnya susah banget. Please minta sarannya ya....

> [...]

Kirim email ke