Mom,

saya juga lagi ngajarin Jasmine toilet training, tapi baru sebatas BAB karena gampang mengenali gejala mau BABnya, yaitu tiba2 jadi mematung karena 'ngeden'. Kalo sudah gejala, cepet-cepet di bawa ke toilet, dibukain celana & pampersnya, siapin baby toilet seat dan dudukin dia di atasnya. Pertama dia bingung, tapi karena memang sudah pengin keluar ya berhasil deh dia BAB di atas toilet seat, begitu terus tiap hari (kebetulan dia BABnya rutin 1x/hari), setelah beberapa minggu sudah mulai menunjukkan hasil, meski mamanya gak anterin dia ke toilet dia sudah bisa ajak orang lain siapapun ke toilet kalo mau BAB. Tentang pipis, saya suka perhatikan dia paling gak 2 jam sekali pipis, jadi tiap 2 jam (kalo gak lupa) saya tawarin atau ajak dia ke toilet, meski belum berhasil bener at least kalo waktu mandi dia sudah tahu harus pipis dulu sebelum masuk bak mandi, dulunya dia suka pipis di dalam bak mandi sehingga harus ganti air :) Saya kira toilet training ini karena kebiasaan, kalo kita konsisten maka jadi lebih mudah berhasil, tapi kalo kurang konsisten (saya suka lupa yang 2 jam itu) makanya ya kurang hasilnya
Sekian pengalaman saya ..........

--
warm regards,
vincentia