kl gak salah berita terakhir itu ( saya baca dari warta kota) terungkap
bahwa yang membakar bukan ayahnya, tapi malah ibunya :(
katanya sebagai protes karena suaminya sering mabuk2an bukannya cari kerja.
begitulah.. potret buram kemiskinan di Indonesia, anak-anak yang kena
imbasnya..

  06 Jan 06 14:33 WIB
*Kans Hidup Dua Anak Dibakar Ibu Hanya 50 Persen

Jakarta, WASPADA Online*
 Indah Rosita (3) dan Lintang Syaputra (11 bulan) hanya bisa
menggerak-gerakkan matanya. Tubuh kedua anak yang dibakar oleh ibunya
sendiri itu masih penuh perban. Yang menyedihkan, peluang hidup mereka hanya
50 persen.

Spesialis bedah plastik konsuler RSCM Dr Yefta Munadjat yang menangani dua
bocah bernasib tragis itu menyatakan, kedua kakak beradik itu masih harus
melalui fase kritis 30 hari.

"Sampai saat ini masih status quo. Masih belum stabil. Saya belum berani
mengatakan kondisinya membaik. Kans hidupnya juga masih fifty-fifty. Tapi
kita akan berupaya semaksimal mungkin," kata Yefta.

Hal itu disampaikan Yefta Munadjat saat menerima kunjungan Ketua Umum Komnas
Anak Seto Mulyadi di Ruang Unit Pelayanan Khusus Luka Bakar RSCM, Jalan
Diponegoro, Jakarta, Jumat (6/1).

Indah dan Lintang telah 6 hari menjalani perawatan di RSCM. Kedua bocah itu
dibakar ibunya, Yeni, 1 Januari lalu. Yeni membakar kedua anaknya itu karena
depresi berat akibat kemiskinan yang menimpanya.

Menurut Yefta, beberapa fungsi organ tubuh Indah dan Lintang mulai
menunjukkan gangguan. Tapi untunglah sampai saat ini, kesehatan keduanya
masih bisa dikendalikan dengan bantuan obat-obatan dan cairan.

Saat masuk RSCM, luka bakar di tubuh Indah mencapai 43 persen. Namun akibat
gangguan sirkulasi sistemik, terjadi perluasan luka hingga menjadi 48-50
persen. Sedangkan kedalaman luka dari dua dangkal menjadi dua dalam. "Itu
memang tak bisa dihindarkan," kata Yefta.

Sedangkan untuk Lintang, awalnya mengalami luka 6 persen, tapi sampai hari
ini mencapai 8-10 persen. Untuk diketahui, luka bakar pada anak baru masuk
level luka bakar kritis jika lebih dari 10 persen.*(dtc)* (eli)

> duh gak tau rasa hati ini waktu baca kisah Indah .... antara geram sedih
> sama
> prihatin dengan sikon di sekitar kita ini ....... akhirnya Indah diangkat
> dari rasa sakit
> yang berkepanjangan ..... ada berita lengkapnya gak ya ? soale yang aku
> baca
> sebelumnya mereka diperlakukan kejam oleh ayahnya .... mana yang benar ya
> ?
>
> ayahnya Irfan nih yang biasanya care untuk share berita2 spt ini dr
> sumbernya ...
> [...]

Kirim email ke