maksud saya pemberian trombosit tambahan bukan plasma kok ( salah ucap )...yang ibu jelaskan saya pikir sudah mewakili kok...memang sih DBD sekarang agak susah dideteksinya...

----- Original Message ----- From: "intan dima" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, January 17, 2006 4:04 PM
Subject: Re: [balita-anda] urgent !!!

sebenarnay tidak begitu...

pemberian plasma sebaiknya tidak dilakukan selama kebocoran belum terjadi.
karena pemberian plasma sendiri resikonya tinggi, bisa kena infeksi pada anak... yg penting adalah jangan sampai dehidrasi, karena bayanya DB adalah kurangnya cairan pada pembuluh darah, BUKAN KEKURANGAN DARAH....

namun memang benar bahwa trombosit kurang dari 20rb beresiko akan terjadi pendarahan tiba2.. tapi tidak berarti pastia da pendarahan..... benar begitu kan pak?

sealin itu, sifatnay virus adalah akan mati sendiri pada usia 4 - 5 hari.... jadi, pemberian plasma darah dan infus setelah hari ke 4 juga harus extra ketat karena saat ini sudah akan terjadi penyerapan kembali air kedalam pembuluh darah untuk kembali normal. kalau tetap dipaksakan infus or plasma darah, bahayanya adalah overload....

----- Original Message ----- From: "Rhino" <[EMAIL PROTECTED]>