From: Sylvia Radjawane <[EMAIL PROTECTED]>
To: balita-anda@balita-anda.com
Cc: ;Date: Tue, 24 Jan 2006 11:35:38 +0700
Subject: Re: [balita-anda] Urgent: Mengatasi Pilek Dzihni ?

Hi abinya Dzihni,

Usianya Dzihni berapa pak?  Kalau sudah di atas 1 bulan, bisa dibantu
dengan
Breathy drop untuk hidung tersumbatnya.

Sekarang memang cuaca malam dan subuh sedang dingin-dinginnya karena
sering
hujan.  Coba lihat lagi kondisi kamar.  Usahakan supaya nggak lagi banyak
debu di seprei, tirai, boneka, mainan, dll. yang kadang jadi pemicu
flu/hidung tersumbat. Kalau pakai AC, matikan atau set jangan terlalu
dingin
(untuk kamar yang konstruksinya memang harus ber-AC).  Kalau memang si
kecil
nggak nyaman tidur terlentang, bisa coba ganti posisinya untuk tidur
miring
atau gunakan bantal penopang supaya letak kepala agak lebih tinggi (kalau
memang masih bayi, harus diawasi posisi seperti ini).

Tentang kejang-kejang karena hidung tersumbat, apa memang Dzihni
betul-betul
kejang (mis. kaku tangan, kaki dan kuduk, mata mendelik, hilang
kesadaran)
dan sedang mengalami demam/panas tinggi?  Asumsi saya, badan Dzihni
mungkin
'menggigil' karena terlalu kedinginan dan bukan 'kejang'.

Kejang demam kadang bisa dialami seorang balita, kadang bisa lebih dari
1x
dalam masa balita dan itu cukup lumrah (apalagi kalau ada riwayat kejang
demam juga dari pihak orang tua).  Tapi kalau kejang-kejang tanpa
didahului
demam tinggi, perlu konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan ahli
neurologi.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena