Hi pak Dhany,

He..he.. tentang 'ronda malam' saat anak masih bayi, semua orang tua  juga
mengalami kok pak :) Tapi ya itu tadi.... hanya sementara periode ini,
sayang kan kalau sebenarnya ASI ibu ternyata mencukupi kebutuhan baby-nya.

Prinsip 'supply and demand' terhadap ASI itu memang betul2 berlaku lho,
pak.  Makin sering 'kosong' ASI dari 'gudang'nya karena dihisap baby, makin
sering 'pabrik' ASI memproduksi ASI. Jadi nggak ada istilah 'ASI kurang'.
Tinggal mamanya Anne terus memperhatikan pola makan yang bagus, perbanyak
intake minum air putih, rajin massage payudara, dapat support penuh dari
papanya Anne and orang di rumah, sampai usia 6 bulan nanti Anne bakal nggak
bermasalah dengan kebutuhan ASI-nya, juga dengan BAB-nya.

Masalah bantuan dengan sabun, saya cuma bisa bayangin aja nih, pak .. karena
anak2 saya nggak pernah pakai treatment seperti itu.  Kelihatannya sabun
batangannya dipotong dan dibuat agak runcing salah satu ujungnya lalu
dimasukkan lewat dubur baby.
Jadi semacam bantuan 'lubrikasi' untuk memperlancar feses ke luar dari
lubang dubur.  Kalau nggak salah di apotik juga dijual suppositories semacam
ini.

Back to the issue, ..... usahakan alami deh aktivitas BAB si kecil.  Toh dia
sama sekali nggak bermasalah dengan sistem /metabolisme pencernaannya,
refleks gerakan usus juga kan nggak ada problem, sayang kan kalau si kecil
harus menjalani 'ritual' seperti itu hanya karena asupan nutrisi yang memang
belum cocok dengan usia pencernaannya, apalagi sebenarnya masalah BAB ini
bisa dihindari dengan 'solusi' yang sudah di depan mata :).

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 2/13/06, Dhany Sulistyo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mbak Sylvia,
>
> Emang kasian sekali sih kalau ngeliat istri saya begadang sampe jam  2-3
> pagi ... Sementara saya juga harus istirahat karena jadi tulang
> punggung.... Trus juga sedih kalau ASI ibunya sudah habis sementara Anne
> masih laper, sayang tidak ada ASB (Air Susu Bapak) ya .. Hehehe
>
> Maksudnya dipancing pakai sabun itu gmana ya? Bisa minta tolong
> dijelaskan caranya?

Kirim email ke