From: Mustika Wahyuningdyah [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 17 February, 2006 14:02
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] CARREFOUR MERAUP UNTUNG DENGAN MENIPU DI IMLEK

Sorry
Dari milis sebelah,
Apa emang Carrefour begini ya?

Dear all,

Cerita ini berdasarkan pengalaman saya belanja di Carrefour tanggal 28
Januari 2006 malam. Seperti biasa, setiap akhir bulan saya selalu
berbelanja
bulanan di Carrefour Lebak Bulus. Saya dan suami sengaja berbelanja
malam
hari untuk menghndari kepadatan belanja dan antrian kasir di Carrefour,
dimana hal ini sudah umum terjadi pada akhir dan awal bulan. Waktu kami
sampai di Carrefour TERNYATA ada special event menyambut tahun baru
implek, dimana Carrefour buka sampai pukul 24.00 WIB. *KHUSUS PUKUL
22.00 - 24.00WIB DISKON 10% UNTUK ALL ITEM KECUALI (TIDAK BERLAKU) UNTUK
ITEM YANG SUDAH SPECIAL PROMO.*

Masalah yang kami hadapi muncul pada saat pembayaran di kasir, dimana
pada struk yang kami terima tidak terdapat informasi diskon 10%
(catatan: waktu tercetak pada struk adalah pukul 22.14 WIB), untuk
menunjukkan:
v Item mana aja yang kami dapat diskon 10%
v Item mana aja yang memang sudah spesial price

Setelah mengecek di depan kasir sebentar, kami menemukan:
v Beberapa item yang kami beli (dan yakin bukan spesial price):
seperti daging topside, jamur kuping, fillet ayam, brokoli import,
Nestle
coffee mate, nescafe classic, ultra milk plain, roti tawar, humberger
bun,
kimbo sosis sapi, kimbo brg sapi, buavita guavana buavita manggo, walls
ice
cream, coca cola, teh tong ji, otak-otak bakar dan lain-lain termasuk
beberapa item toiletries yang bukan spesial price, *HARGA YANG TERCANTUM
DALAM STRUK TIDAK MENGALAMI DISKON 10%*.
v Waktu kami tanya ke kasir, kasir meminta kami ke bagian informasi
karena kasir hanya menjalankan fungsinya dan harga itu sudah terekam dan
tercetak secara sistem, dimana kasir tidak berwenang untuk mengubahnya.

Setelah sampai ke bagian informasi, dimana disana sudah ada beberapa
customer (ibu-ibu) yang juga bermaksud menanyakan hal yang sama. Di sana
pula kami menghadapi hal-hal sebagai berikut:
v Petugas informasi meminta sample barang yang kami belanjakan, terus
mengecek harga dalam struk dengan cek harga yang ada pada price list
mereka.
*Catatan: Informasi price list ini tidak secara transparan disampaikan
kepada kami.*
 Petugas informasi kemudian mengecek harga keluar dalam swalayan
untuk mengambil sample harga. *Catatan: saya melihat petugas informasi
memeriksa barang2 seperti sabun cuci (hampir berlaku sama ke semua
pelanggan
yang komplain), karena mungkin sabun cuci ini mereka yakin memang
special
price.*
 Suami saya masuk ke dalam swalayan dan melihat untuk produk-produk
ELEKTRONIK, tertulis pengumuman TIDAK TERMASUK DISKON 10%, tetapi untuk
barang selain elektronik tidak ada pengumuman semacam itu.
 Karena tidak memuaskan, saya meminta manager on duty datang ke meja
informasi, manajer kemudian datang *(NAMA MANAJER: DIDIE F. BOLANG)* dan
mengakui *bahwa STRUK TERSEBUT KURANG INFORMATIF.*..dan memberi solusi
untuk
memeriksa item yang dibeli secara random. Saya tunjukan yang jelas di
depan
manajer adalah otak-otak bakar (kebetulan saya memegangnya) ini tidak di
diskon, plus saya sebut roti tawar sari roti (Rp. 4.900,-) juga tidak
didiskon, demikian juga daging top side. *Manajer tersebut kemudian
menawarkan ke semua pelanggan SOLUSINYA adalah MEMERIKSA SATU PER SATU
ITEM
BARANG YANG DIBELI *....oooh my God...saat ini dibelakang saya sudah
cukup
panjang antrian pelanggan yang mau komplain hal yang sama...apakah ini
JURUS
YANG AKHIRNYA DISUSUN CARREFOUR....nasib pelanggan yang sudah begini
buruk
diminta menunggu...saya putuskan pergi *SETELAH SUAMI SAYA TELAH
MEMASUKKAN
KOMPLAIN RESMI KE CARREFOUR*...*dan saya berkata kepada manajer on duty
akan
membawa ini ke milis dan surat pembaca. JAWABAN MANAGER ENTENG: silakan
bu...... oooh my God lagi... mungkin manajer tersebut berpikir kalo ada
di
milis dan surat pembaca bukan tanggung jawab dia lagi..tanggung jawab
dia
hanya sampai di floor SAAT ITU JUGA....ato ini bagian strategi
CARREFOUR.....*

*Saran saya kepada pelanggan carrefour untuk:*
*Hati-hati terhadap PROMO YANG DILAKUKAN CARREFOOR apalagi spesial
event sehari menyambut hari istimewa (imlek misalnya).....jangan terlalu
banyak berharap...*
*Carrefour menurut teman kantor saya sering CHEATING untuk hal-hal
seperti ini, untuk itu selalu kritis dan be aware demi kenyamanan
belanja
kita bersama*

*Comments saya ke MANAJEMEN carrefur:*
*SELAMAT anda berhasil meraih pelanggan dengan menipu customer
secara kasar*
*Kalo memang ada special event, jangan hanya siapkan PROMOSI yang
besar, SIAPKAN JUGA Teknologi Informasi untuk menunjang hal tersebut
TERUTAMA teknologi informasi yang di KASIR sehingga STRUK belanja
benar-benar informative.*
*Pelatihan service excellence itu sangat penting tidak hanya untuk
floor person anda (yang masih perlu peningkatan) TETAPI JUGA PELATIHAN
UNTUK
PARA MANAGER supaya manajemen juga mengerti service excellence...*

 *Be careful yaaa Carrefour..pesaing sudah ada di depan
anda....jangan menipu konsumen..kacian.karena anda hidup dari
pelanggan..itu kalo anda SUDAH MENGENAL TOTAL QUALITY MANAGEMENT...ato
memang values anda adalah yang penting untung dan EGP dengan pelanggan.*

 *Kami (Pelanggan) berbelanja di Carrefour tidak hanya untuk memenuhi
NEED AND WANTS tetapi juga HOPE.dimana sebagian HOPE itu anda tawarkan
sendiri dengan adanya diskon.....*
 *Ingat saya bukan seorang marketing intelegence yang berusaha
menjatuhkan anda, tetapi saya adalah pelanggan Carrefour yang selalu
belanja
bulanan di tempat anda.*

*Yohana Tri Wahyuni*
*7201221 ext 4505*