Dear Bunda Barra,

Sharing dikit yah..
Klo aku baca perkembangan bicara Barra sptnya ga ada
yg dikuatirkan.. kosakatanya udah cukup kok… klo
masalah kurang jelas bicaranya aku rasa anak seumur
Barra juga rada2 blum jelas klo berbicara… Kavinku 23
bln aja nih walo dah banyak kosakatanya n lancar2 aja
kadang juga ada kata2 yg blum jelas klo dia ngomong…
but komunikasi lancar2 aja…

About penggunaan 2 bhs emg sih banyak literature yg
bilang ga masalah but ada juga yg bilang pd sbgan anak
pengajaran 2 bahasa di usia dini agak menghambat
perkembangan wicaranya… krn anak kan unik yah.. kadang
bs nerima masukkan dg cepat kadang blum bisa…

Sharing aja yah.. papanya Kavin juga awalnya agak2
ngotot pake 2 bhs di ..but akunya ga setuju..oklahhh
diajarin bhs asing Inggris but yg simple2 aja deh
misal angka, buah, warna …itupun ngajarinnya ga
dipaksain alias skalian bermain…  krn aku pribadi
lebih baik nih anak nguasain bhs ibu dulu dg bener
baru deh bhs lain…

Sori ya mbak klo rada ga berkenan…

About obatnya dr dokter klo sependek pengetahuan saya
(br aja baca kmaren di milis seblah) NOOTROFIL Tak ada
EBMnya akan merangsang otak.Memang tidak secara
langsung bs merangsang otak, Nootropil sering
diberikan untuk penderita stroke krn sifatnya yg
memperlancar suply darah (dan oksigen) ke otak klo
buat anak supaya membantu pertumbuhan otaknya sering
bgt diberikan pd anak yg mengalami keterbelakangan
mental spt CP…

Klo boleh saran nih bila Mbak Astuti ragu akan obatnya
bs cari 2nd opinion ke dokter lain.. trus ke klinik
terapi wicara aja deh or ke klinik psikologi anak…
konsultasi aja dulu jelasin ttg kondisi Barra..

Sori mbak gak saran banyak… smoga bs memutuskan yg
terbaik buat Barra yah..

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com

[balita-anda] Nootropil for speech delay?
Astuti Purwati
Tue, 28 Feb 2006 17:22:23 -0800

Dear smart BA'ers,

Minggu lalu aku ajak Barra (23 bulan) untuk konsultasi
ke dokter dan check up aja.
Lalu aku kasih tahu perkembangan Barra, ke dokternya
dan aku tanyain soal speech delay, apakah Barra
mengalami itu?
Karena sampai sekarang Barra baru menyebutkan sekitar
20 an kosa kata dan kurang jelas.
Tapi Barra mengerti semua yang dia mau atau apa yang
kita mau atau kasihtahu. Jadi penerimaan bagus, tapi
mau bicara dan mengekspresikan apayang dia inginkan
masih belum jelas.

Memang sekarang Barra aku kasih 2 bahasa, tapi kalau
aku baca literatureitu tidak menyebabkan speech
delay.perkembangan
Dan aku udah kasih info ke dokternya, kalau so far
menurut observasiku
tidak ada masalah dengan hearing problem, karena kalau
aku panggil di
mana saja Barra tahu. Dan Mbak yang jaga Barra juga
aktif mengajak Barra
berbicara / Ngobrol. Aku juga kalau di rumah selalu
berusaha untuk kasih
aktifitas yang banyak ngomong sambil aku kasih
penekanan dalam
mengenalkan suatu benda. Makanya jadi agak khawatir
juga kenapa Barra
belum lancar bicaranya?

Lalu Dokter akhire memberikan Nootropil buat Barra dan
diminum sehari
sekali 1 sendok teh.
Sampai sekarang aku belum berikan, karena masih
mencari literature untuk
cari kegunaan dan side effect dari Nootropil ini.
Dan aku menemukan beberapa literature bahwa Nootropil
(piracetam) itu
disebut sebagai smart drug yang berguna untuk
"treatment of memory loss,
age related memory decline and lack of concentration
etc".

Nah aku jadi berpikir, apa diagnosa  DSA ini soal
Barra lebih ke lack of
concentration sehingga dia kasih nootropil ini?

Question:
 - Apa ada parents yang pernah mengalami hal yang
sama?
 - Ada yang pernah menggunakan Nootropil juga gak?
 - Ada yang punya pengalaman atau pengetahuan side
effect dari
Nootropil?

Maaf panjang lebar....

Tute