aku sharing kjadian berbahasa dirumah aja yah [artikel blum nyimpen]
Zalwa [22 bulan] sedang dikenalin dgn 2 bhs, Indonesia dan Jawa
[Semarang]...
sementara ini, Zalwa terlihat cukup acceptable thdp 2 bhs ini...dan bisa
mengerti perintah sederhana dlm 2 bhs tsb [padahal, kluarga kami kmungkinan
akan menggunakan 4 bhs, yaitu Inggris dan Sasak, bhs suku Sasak Lombok]...
startnya sebaiknya dimulai jika anak sudah bisa dan cukup mahir dgn satu
bahasa [terserah ortu buat mutusin bahasa apa]...dgn standar ini, anak
cenderung bisa lbh cepat memahami dan mengerti arti dr kata2 baru di bahasa
ke2 yg sedang diajarkan....
kunci utamanya tentu konsekuensi dan disiplin dari sesama penghuni
rumah...jika telah diputuskan utk membiasakan anak menggunakan 2 bhs,
upayakan agar orang serumah juga terbiasa dgn ke2 bhs tsb...sehingga anak
memeliki pemandu/pembimbing/contoh yg selalu n bisa ditiru dalam kemampuan
berbahasanya..
smoga sharingku sdikit mencerahkan
On 3/2/06, Grace Larope <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Moms & Dads,
> Mau tanya lagi dong...ada yg punya pengalaman nggak ngajarin anak  2
> bahasa...
> Mau dong dishare..kira2 umur berapa mulai ngajarinnya ? Apa dari bayi
> banget atau nanti setelah setahun ?
> Terus metodenya gimana ?
> Thanks b4 untuk sharingnya...
> Regards,