Mbak Grace,
Menurut saya sih ga apa2 dimulai sedini mungkin.Ini pengalaman saya dan
kedua anak saya.Jackie saya sekarang berumur 3 tahun kurang 1
bulan.Duluketika kecil BS saya mahir berbahasa Hokkian ( salah satu
dialek bahasa Cina
).Jackie sendiri mulai ngomong waktu 8 bulan usianya.Jadi ketika dia berusia
1 1/2 tahun, dia sudah bisa mahir berbahasa Hokkian dan bahasa Indonesia (
karena saya tinggal beramai2 ).Tetapi ketika BS saya menikah dan saya punya
BS baru yang tidak bisa berbahasa Hokkian, sekarang Jackie saya sama sekali
tidak mau berbicara dalam bahasa Hokkian.Maklum karena baik papa dan mamanya
kan tidak bisa berbahasa Hokkian.Jadi ya akhirnya ketika oma nya mengatakan
sesuatu dalam bahasa Hokkian,dia hanya menjawab dalam bahasa
Indonesia.Lainhalnya dengan Gillian, meskipun tumbuh dalam bahasa
Indonesia, usianya 21
bulan namun sama sekali belum bisa berbicara kecuali dalam bahasa dewa.
Itu sharing dari pengalaman saya.

> Regards,
> Susan

Kirim email ke