Dari web Sehat sharing ttg disentri :
[NL][NL]Disentri amuba [NL][NL]Question : Dear Dr. Wati,[NL]Dokter, saya
pernah tanya pada dokter mengenai disentri anak saya.Kamis tgl 9 Sept 2004,
ternyata lekosit anak saya terus meningkat 5 -10/lpb. Bahkan diketahui ada
Entamoeba Histolytica (dalam bentuk kista).Juga terdapat lendir dan darah.
Lemak sedikit. Bau busuk. Dsa saya memberi,[NL]Flagyl syrup 3 x 1
sdkUrfamycin 3 x 1 sdk selama 4 hari.[NL]Sesudah habis obatnya, dsa saya
menganjurkan jeda 2 hari agar kistanyapecah, baru kemudian test lab
kembali.Tetapi, Kamis 16 Sept 2004, lekositnya malah meningkat lagi menjadi
20 - 30/ lpb.Dan tetap ditemukan darah dan lendir. Entamoebanya juga masih
didapat dalambentuk kista.Saya juga test kultur entterobacter agglomerans
dan escherichia coli(patogen negative).Resistensi test tidak dilakukan
karena bakteri yang didapat merupakan floranormal.[NL]Saya pindah ke dsa
lain. Dikasih bactrim selama 5 hari dan Flagyl syrupsampai 13 hari ini,tgl
29 sept 2004Tapi tadi pagi 29 september, saya test lagi ternyata,lendir dan
darah masih positif.[NL]Entamoeba Histolytica positif dalam bentuk
kista.[NL]lekosit 5 - 10 / lpb (duplo)[NL]eritrosit 4 - 8 / lpb.[NL]Saya
konsultasi ke dsa lain untuk menanyakan pendapatnya. Dsa tsb mengatakananak
saya telalu banyak minum obat. Dia menganjurkan untuk berhenti memberiFlagyl
karena sudah 13 hari tidak ada kemajuan. Dsa mengatakan, Entamoebaberbentuk
kista tidak berbahaya. Yang berbahaya itu entamoeba yangvegetatif. Yang
harus saya lakukan hanya menjaga kebersihan. Entamoeba bisahilang sendiri
lewat kotoran. Sekarang saya sudah stop semua obat2an. Apatindakan saya
benar dokter?[NL]Tadi saya baca internet mengenai Amoebiasis. Tapi sebagai
orang awam, sayatidak mengerti mengenai
obat2an.[NL]Shierly[NL][NL][NL][NL]Answer 1 : mba shirley,[NL]apakah sudah
ada yg memberi tanggapan? kalau sudah ya saya nambahin aja deh gpp
berdasarkan pengalaman aku,reva anakku juga pernah bermasalah bahkan sudah 3
kali dengan selang 6 bulan.utk hasil lab yang diketahui ada entamuba
histolitica cukup diobati dengan metronidazole atau nama dagangnya
flagylpengobatannya mestinya ga boleh putusnya selama 10 hari, jd setelah
selesai pengobatan 10 hari tes tinja lagi, kalau masih ada kata dsanya
diperpanjang pengobatannya, alhamdulillah reva setelah pengobatan 10 hari
cukup. seminggu dari selesai pengobatan juga di tes lagi, dan sebulan
kemudian juga tes tinja lagi, diare atau tidak diare tetap tes.orang serumah
juga mesti di tes, terutama yang membuat makanan, bersihin mainan dan
nyuapin.untuk pengobatan mesti tuntas tas tas... ga perlu 2
antibiotikaflagyl sendiri sudah antibiotik yg dirancang khusus utk memerangi
amuba.jd ga usah nambah urfamycn atau bactrim lagi.too much antibiotik
justru akan memperburuk diarenya.tapi mohon maaf nih aku ga tau ada
perbedaan soal entamoeba hystolitica bentuk kista dgn vegetatif, dr wati
barangkali? aku ada bahan bacaan di cdc btw, kondisi anak baik? trus bawa
tes labnya 1 jam sejak pub kan ga lebih? wadah penyimpanan/tempat bawa
pubnya gimana?[NL]ade[NL][NL][NL][NL]Answer 2 : Mbak Shirley, saya juga
pernah mengalami hal serupa waktu anak saya yang kecil umur 2 bulan, panik
sekali, dibawa ke dokter, sembuh seminggu, habis itu kumat lagi, mana di
feces dibilang ada darah, udah dikasih Flagyl sembuh kumat lagi,sampe
akhirnya saya cari2 dsa yang memang menangani pencernaan, ketemulah dr.
Hegar di RSCM, waktu saya ke RSCM, kita diminta untuk test tinja lengkap..,
dan memang karena udah kebanyakan obat dari dsa-dsa sebelumnya dari dr. H
malah nggak dikasih obat, sama mbak alasannya udah kebanyakan dan jaga
kebersihan aja, mungkin juga karena saya merasa udah ketemu dr. yang memang
ahlinya sayanya juga tenang, dan berangsur tanpa obat sembuh dengan
sendirinya., [NL]Coba deh mbak, ketemu sama dokter yang emang spesialis di
gastro, kalo nggak salah dr. Wati juga recommend dr. H., bawaannya tenang
aja, dan beliau nggak sembarang kasih obatsemoga si kecil cepet sembuh ya.,
[NL]erna[NL][NL][NL][NL]Answer 3 : dear mbak shirley ...[NL]mau share aja
waktu Jan juga diare...dulu juga setelah tes lab didiagnosa ada entamuba
histolitica dan sama dsa juga diberikan obat flagyl selama 5 hari .. setelah
5 hari maka tes lab lagi dan alahamdullilah sembuh ..karena menurut beliau
antibiotik yang terdapat dalam flagyl sudah tepat untuk mengobati entamuba
tersebut.jadi mungkin tidak perlu obat lain selain flagyl ya ? (maaf aku
enggak tau nama obat--> kan flagyl mereknya ya ..)dan menurut beliau juga
hal ini mungkin dikarenakan anakku terlalu meng"explore" ruangan dan
sekitarnya maklum baru 9.5 bulan jadi lagi asyik dengan dunia
petualangannya. sehingga dsanya mewanti-wanti untuk juga memperhatikan
kebersihan tempat tidur, tempat bermain serta perangkat makan dan mainannya
..kalo bisa selalu dilap dengan air hangat ato direbus..dan beliau juga
mengingatkan untuk membawa pupnya tidak lebih dari 1 jam setelah dikeluarkan
sehingga meminimalisasi kontaminasi dari luar serta tetap memberikan makan
atopun minum seperti biasanya.serta perangkat untuk menampung pupnya
diusahakan yang benar-benar bersih ..[NL]semoga membantu ya
..[NL]niken[NL][NL][NL][NL]Answer 4 :Dear ShirleyMaaf banget saya luar biasa
tdk berdaya hehehe jadi baru bisa balas emailkamuUntungnya banyak yg
menanggapi ya (thanks ya). nah saya cuma mau tambah aja:[NL]1. Mungkin
pemberian metronidazole yang pertama kurang tepat, mestinyadosinya dan
lamanya diperhatikan dengan benar[NL]2. Mungkin di rumah ada sumber
penularan, coba deh kamu periksa orangbelakang yg bikin makanan atau yg
memberi makan anakmu. Semua orang cucitangan dengan benar.[NL]3. Mungkin
kurang responsif terhadap metronidazolnya.Sebelumnya saya punya 2 kasus yg
memang tidak responsif thdp metronidazol.nah alternatifnya kita berikan
Gabroral sirup, 30 mg untuk setiap Kg BBanakmu, lalu di bagi 3. Misalnya
anakmu beratnya 10 kg, maka dosis totalsehari 300 mg dibagi menjadi 3 kali
100 mg; selama 10 hari. nah karena 5 mlGabroral mengandung 125 mg maka
berikan 3 kali 4 ml.Hari ketiga, periksa tinjanya dan tolong lapor
lagi.[NL]4. Obat lain gak usah bahkan jangan ya kayak ade bilanggg[NL]Ok
maaf sekali lagi, semoga anakmu cepat sembuh ya[NL]wati