From: "Sylvia Radjawane" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Cc: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Monday, March 20, 2006 10:49 AM
Subject: Re: [balita-anda] bayi prematur

Hi mbak Hani,

Setahu saya, bayi yang lahir sebelum usia kandungan 37 minggu itu yang
dikategorikan bayi prematur.  Selain itu, BB bayi waktu lahir juga
kadang jadi parameter, biasanya BB di bawah 2500gr.  So rasanya, Daffa
masih termasuk kategori baby yang lahir 'term' dilihat dari usia
kandungan mbak dan BB nya waktu lahir.

Bagaimana waktu Daffa lahir?  Asumsi saya mungkin nggak ada treatment
khusus seperti untuk bayi prematur kan mbak?  Mis. sempat diinkubator
selama beberapa waktu (kecuali kalau memang Daffa sempat ngalamin
bilirubin tinggi), mbak sebelum bersalin disuntik Corticosteroid untuk
pematangan paru2 janin karena bersalin prematur, kemampuan mengisap
Daffa yang perlu dilatih, dll).

Kalau memang Daffa baik2 saja perkembangannya, berarti masa pengenalan
MPASI nya seperti bayi yang lain, waktu usia 6 bulan ke atas.  Apalagi
kalau  sekarang2 ini dia akan menunjukkan tanda2 siap untuk diberi
solid food (lehernya sudah sangat tegak, kadang bisa diposisikan
duduk, sudah mulai 'heboh' lihat orang lain makan dekat dengan dia,
dll.)