Papa Jesse,

Kalo saya pake 3 cara,

1. Peringatan..

peringatan atau verbal warning bisa kita lakukan, 1, 2 sampe 3 kali . Kalo
ga nurut, saya akan lakukan

2. Isolasi.

bisa disuruh duduk di "kursi berpikir", ato jam tidur siangnya dimajukan,
atau kalo masih 2-3 th saya masukin ke Box babynya lagi.. tanpa mainan ato
bantal guling.
(heheh biasanya JJ kapok tuh kalo aku isolasi..  solly mama, ampun mama,
ngga lagi mama..dst.. )

Kalo yg ini jg ga mempan aku pake ini..

3. Smack
smack itu pukul tapi hanya di "pipi bawah" . dan kalo mau smack si anak
harus pake pakaian lo..biar ga ada cap tangan atau rotan..

biasanya dengan isolasi atau smacking anak dikasi juga konsekwensi spt, ga
boleh main dg tetangga selama 2-3 hari tiap sore..atau mainan yg  paling dia
sukai kita simpan. *cari sendiri yakk..*

Yg jelas tiap habis isolasi atau smack..anak HARUS duduk dan kita ajak
bicara..
biasanya saya tanya ke anak.. Kenapa mama marah ?? Tau ga sebabnya ??
Bilang ke anak yg kita ga suka itu perilakunya bukan dia..
Dari sini dia jg belajar akan otoritas orang tua, belajar ut nurut walaupun
dia ga suka, dan disiplin, kalo ya=ya, tidak=tidak..

Moga2 it helps ya...
mama JJ