Mbak Okti,...

Pengennya sih bisa ngasih artikel ber-bahasa Indo Mbak, ya...kalo ada member
yg jago Inggrisnya mbok ya ditolong translate ;-)

Anak saya mulai eksim dari umur 6 bulan sampai sekarang 2.5 tahun. Pipi dan
betisnya hancur penuh eksim semua.Sekarang sudah agak baikan, tinggal bekas2
kehitaman dikaki aja, kulit muka relatif lebih cepat recover, jadi bekasnya
udah hilang sama sekali.

Dasarnya anak saya alergi debu dan bulu binatang. Jenis alergi sprt itu agak
susah menghindar dari pencetusnya. Paling saya usahakan jemur kasur seminggu
sekali, dan mem-vakum kamar setiap malam. Pengobatan kulitnya biasa saja,
pelembab dan salep steroid.

Pernah saking parah dan luas eksimnya, salep steroid udah enggak mempan lagi
untuk ngatasi bengkak dan gatalnya. Untuk coba salep steroid yg lebih keras,
terus terang saya takut. Karena dg salep yg ringan aja, efek di kulit anak
saya mengerikan banget (tumbuh bulu2 kasar). Akhirnya saya pakai minyak
ular, Mbak. Dikasih sama saudara, enggak tau dapetnya dari mana. Diolesin
itu aja setiap habis mandi, sama kalo malem mau tidur, kedua kakinya saya
bungkus dg kain kasa dan plester hypoallergenic, supaya enggak
digaruk-garuk. Lumayan, bengkaknya mengempis.

Minyak ular sendiri isinya apa, saya enggak tahu. Barangkali ada yg bisa
bantu cari referensi dari internet? Saya udah cari sana-sini enggak ketemu
;((

Saya cuman ke DSA aja Mbak, enggak ke Dokter Kulit, takut dikasih salep
macem2. DSA saya bilang, tambah anak besar, bakal membaik sendiri eksimnya,
cuman dikasih Ryzen aja buat alerginya.

Pertama kasih Ryzen, saya dilema banget karena Ryzen sebenarnya belum boleh
diberikan pada anak dibawah 2 tahun. Tapi dari hasil tanya sana sini, cari2
artikel di Internet, akhirnya bismillah, enggak tega juga lihat kakinya yg
hancur..cur..cur..aku kasih Ryzen dari anakku umur 1.5 tahun. Sebelum
dikasih Ryzen, tidurnya setiap malam enggak pernah nyenyak, sibuk aja garuk2
terus.

Eksim-nya Max luas dan parah sekali Mbak, tapi akhirnya hilang juga.
Sekarang masih suka kumat cuman dalam bentuk bintik2 kecil mengumpul. Kalo
dulu sampe berdiameter 5 cm, merah bersisik, kedua pipi penuh eksim sebesar
100-an logam. Kadang kalo infeksi, saya kasih garamycin aja.

Saya enggak bisa kasih saran apa2 mbak, cuman sharing aja pengalaman saya
menangani eksim-nya Max. Pedoman saya cuman, artikel kesehatan, advis
dokter, advis teman2 dan feeling. Saya cari jalan tengah yg menurut saya
paling safe. Butuh waktu dan kesabaran menangani anak eksim. Juga sumbatan
kuping dari komentar2 negatif kanan kiri ngomentari kulit anak kita yg
enggak mulus ;-)

Maaf nih e-mailnya agak mendayu-dayu...lagi enggak enak body...

Salam,
Melisa