ikutan sharing ahhh ...
hampir sama dg mama Adli&Syifa .. kebetulan anak kita sepantaran mbak Nor
...  Gabby (5,8) skrg dah TK B .. tp ntar aku ulang lagi di TK B-nya ...
pd awalnya sekitar 1,5 th-an gitu aku "cuman" nunjukin gambar2 (flash card)
aja tanpa tulisan (tulisannya dibelakang) kebetulan punya saya dr pak
Taufan Surana, trus didinding2 aku tempelin gambar2 buah, hewan dll ...
Gabby bisa 'hafal' .. tahap awal dia bisa menjawab pertanyan saya '.. ini
apa ayo ..' tentunya sambil liat gambar ya .. trus tahap berikutnya aku
suruh nunjukin gambarnya dg pertanyaan '.. apel yg mana ayo ..', 'semangka
yg mana ayo ..' . dah gitu aja .. lama2 klo pergi ke supermarket dia lgs
tunjuk .. ini apel .. ini jeruk .. klo pas jalan2 .. itu ayam .. itu anjing
.. dlsb
kemudian aku belikan dia meja yg tanpa sengaja ada huruf2nya .. nahh
berangkat dr situ dia 'hafal' huruf baik itu huruf besar maupun huruf kecil
.. dan dalam perlbagai bentuk penulisan dia tahu itu huruf apa ...
sekaligus apa2 yg mengandung huruf awal yg sama .. misal A .. apel .., J ..
jeruk ...
Nah .. pas di TK A semester genap sekitar (4,6 th) mulai
belajar(membaca+menulis) suku kata .. trus kata .. trus kalimat .. dan
sampe skrg hampir 1 th-an .. makin meningkat tingkat kesulitannya .. tebak
kalimat .. isi kata .. dikte dll Puji Tuhan Gabby dah bisa .. dia juga suka
baca2 apapun .. koran, majalah, buku cerita, iklan,  judul sinetron,
tulisan di baju, papan reklame .. pokoknya apa aja dech .. truusssss ...
dinding, kursi, meja, lemari akhirnya jd korban dech  .. semua ditulisin
oia .. pd awal Gabby kurang kuat pegang pensilnya dan ini berpengaruh pd
mutu tulisannya akhirnya aku ikutkan les menggambar .. Puji Tuhan skrg dah
bagus baik itu bentuk, mutu maupun penekanannya .. malahan kadang klo nulis
di buku bergaris (biasanya kotak) sering divariasi tulisannya .. besar ..
kecil .. besar .. kecil .. lucu ..

taaappiii ... Gabby ga mau belajar sama aku .. aku cuman pelempar ide aja
.. Mbaknya yg ngajarin semuanya .. dr awal sampai bisa membaca+menulis ..
klo pematangan siy di sekolahnya skrg ...

uppsss .. sorry kepanjangan ..

Devi, mama Gabby
__________________

Dear moms & dads,

Dari pengalaman saya ngajarin anak belajar membaca memang rada2x susah.
Saya
dulu pernah beli flascard & saya ajarin anak saya pakai flashcard tapi klo
lihat gambarnya dia tahu tapi begitu diganti tulisan anaknya tidak bisa,
sepertinya hanya hapal gambar.
Sekarang anak saya sudah tk A (5,6th) & sudah bisa baca dengan lancar walau
kadang masih bertanya ke saya jika ada kata yang susah seperti banyak huruf
matinya. Awalnya saya ajak nyanyi lagu abcd sambil dilihatkan hurufnya
sampai dia tahu walau dibolak balik hurufnya. Saya coba ajarin baca dengan
cara mengeja ternyata gagal. Trus lebaran kemaren saya ketemu buku bagus di
toko kharisma untuk anak tk A & saya coba praktekin ternyata berhasil walau
belajarnya tidak rutin tiap malam kadang satu minggu paling 2 kali. Cara
belajarnya tidak mengeja tapi huruf mati disambung ke huruf hidup. Awalnya
sih susah juga karena begitu ketemu huruf mati seperti kata "kerja" anaknya
bingung tapi pelan-pelan akhirnya bisa juga. Mohon maaf nih ceritanya
kepanjangan  & semoga bermanfaat.

rgds
mamaadli&syifa

,"
DISCLAIMER :

The information contained in this communication (including any attachments) is
privileged and confidential, and may be legally exempt from disclosure under
applicable law. It is intended only for the specific purpose of being used by
the individual or entity to whom it is addressed. If you are not the addressee
indicated in this message (or are responsible for delivery of the message to
such person), you must not disclose, disseminate, distribute, deliver, copy,
circulate, rely on or use any of the information contained in this transmission.

We apologize if you have received this communication in error; kindly inform
the sender accordingly. Please also ensure that this original message and any
record of it is permanently deleted from your computer system. We do not give
or endorse any opinions, conclusions and other information in this message that
do not relate to our official business.