ehm....ehmmm.....kebetulan dari sd badan saya dah k*k*r, jadinya ya memang
gak ada yang berani malakin saya. yang ada malah saya pernah nendang secara
gak sengaja anunya temen cowok pas sd kelas 3 gara2 dia ngegangguin saya ama
ndorong anak ke kali kecil pas ikutan pesantren sore gitu gara2 dia
ngeledekin saya.

cuma adik saya aja yang memang jadi korban. gak dipalak siy, cuma suka
dicubitin aja. sama ortu saya siy memang disuruh mbales, cuma kayaknya dia
takut deh.

intinya sebetulnya ada 3 yang harus dilakukan o/ ortu2 & guru di sd
al-azhar, gak bisa partial.

pertama, gurunya panggil ortu si X DAN si X, supaya jelas duduk masalahnya.
kalo sd kan mestinya ada guru BP juga kan ya? apalagi anak ini secara umur
lebih tua dan mungkin badannya lebih besar daripada anak2 di kelasnya (kelas
1). jadi pasti ada something wrong di balik ini. kok bisa telat ampe 2 tahun
gitu.
nah, karena merasa paling tua dan gede, bisa aja dia emang malak temen2
sekelasnya.

yang kedua, kayaknya bener kok, u/ self defense anak harus di-encourage u/
membalas. ya at least membela diri dengan membalas kalo dipukul ya pukul
balik. cubit ya cubit balik. kesannya mungkin salah ya. cuma ini penting
juga, kalo menurut saya, supaya anak jadi PD kalo memang merasa dirinya
benar/tertindas. berani u/ bangkit melawan penindasan dan penjajahan
(lho??). ya memang harus disesuaikan juga siy. jangan cubit bales
ngegebuk...hehehehe...

yang ketiga, diskusi d/ ortu lainnya, supaya encourage anak2nya juga u/
berani melawan. biasanya kan jagoan beraninya ama 1 orang aja. nah, kalo
yang tertindas ini bersatu padu, kan kuat entu. nah jagoannya jadi gak
berani deh. terus setelah bersatu padu u/ melawan, jangan lupa u/ ngajak
berteman lagi si jagoan entu. biar gak sendirian. kalo yang ditangkep siy,
si jagoan ini pake kekuatan u/ intimidasi dus cari teman. kasian kaaan,
badannya dah k*k*r gak ada temen pula...

sekian,
=listi=
~*breaktrainingdipakeu/ngelirike-mailpadahalkudunya ngisi
exercise...kekekekeke~*