Pak, masih ada produk whole-life diindonesia nda? kalo ada gimana cara
applynya
terima kasih

mama arkan

Pada tanggal 5/18/06, rasdi <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

Asuransi Whole-life

Asuransi whole-life adalah produk tertua / tradisional u/ asuransi
jiwa dan produk ini sampai saat ini adalah produk terpopuler di-
negara maju seperti amerika, jepang  dll.

Disebut produk whole-life karena jangka waktu pertanggungan
adalah seumur hidup sedang jangka waktu pembayaran premi
dapat diatur, biasanya kita batasi hingga usia pensiun seseorang.

Sayang diIndonesia produk ini tidak populer karena ulah sebagian
besar perusahaan asuransi yang hanya ingin mengutamakan keun-
tungan semata tanpa memperhatikan manfaat proteksi sesungguh-
nya bagi pemilik polis.

Salah satu alasan memilih produk ini disamping pertanggungan
seumur hidup adalah premi yang sangat terjangkau, terutama
bagi usia dibawah 40 thn.

Sebagai contoh, jika seseorang berusia 35 thn, maka untuk
membeli pertanggungan senilai Rp 1.000.000.000, maka premi
yang dibayar selama 20 thn hanya sekitar Rp 10 jt / thn, bandingkan
jika anda mengambil jenis asuransi lain seperti unit-link atau bea-
siswa, maka premi yang harus anda bayar bisa 10 kali lipatnya atau
sekitar Rp 100 jt / tahun.

Alasan lain untuk produk whole-life adalah adanya jaminan pemba-
yaran premi yang tertulis dalam polis. Perlu diketahui bagi anda yang
mempunyai polis unit-link, entah dari allinaz, axa-madiri, prudential, dll
bahwa lama pembayaran polis hanya ASUMSI !!!!!.    artinya jika
suatu saat nilai asuransi anda tidak mencukupi untuk membayar premi
maka polis anda akan kadaluarsa atau harus membayar premi berlanjut.

Konyolnya jika tagihan premi tersebut akan muncul saat anda telah ber-
umur diatas 55thn alias setelah pensiun, logikanya saat kita telah pensiun
harusnya kita terbebas dari tagihan rutin termasuk untuk membayar premi
asuransi.

Dari segi investasi lebih tidak masuk akal, karena mereka selalu memasang
return investasi yang sangat tinggi hingga 16 % / thn, sayangnya tidak
per-
nah ada jaminan angka pastinya, saya pernah menghitung bahwa asumsi
jika mereka menjanjikan return 12 %, akan sama dengan kalau kita mena-
bung hanya dengan return 5 %. ini disebabkan karena setiap premi yang
kita bayar maka akan langsung terpotong sekitar 5% didepan.

Itulah alasan kenapa perusahaan-perusahaan Asuransi seperti Prudential,
Allianz, Axa-Mandiri dan beberapa yang lain hanya memfokuskan penjualan
produk unit-link, terbayang bukan kalau sebuah perusahaan prudential dapat
menghasilkan keuntungan hampir Rp 355 Milyard dalam periode thn 2005.

Bagi rekan yang sudah terlanjur mengambil produk tersebut jangan panik,
ada baiknya anda segera mengaudit ulang polis yang ada.
Untuk para BA mania, saya selalu siap memberikan bantuan, setidak-tidak
nya hingga saat ini sudah banyak rekan-rekan BA yang ketemu langsung
untuk membahas polis mereka, namun saat ini masih terbatas untuk jakarta,
karena memang tinggal saya dijakarta.

Demikian sekedar informasi, semoga bermanfaat

Salam Proteksi

F.Rasdi LUTCF