halo,

Menurut pengalaman pribadi yah... bahayanya sih mungkin relatif juga yah..
karena kondisi ibu hamil kan berbeda2.

menurut kaka saya (ahli medis), separah2nya side effect dari normal jauh
lebih mudah diobati daripada side effect dari cesar.

pengalaman saya melahirkan dua kali normal gak ada masalah tuh. malahan anak
yang kedua lebih cepet dan gampang. padahal yang anak pertama saya sampai
sehari semalam kontraksi dan sakitnya meang minta ampun. tapi yang kedua
cuma 4 jam dan tidak sesakit yang pertama.

kalau memang bisa normal lebih baik normal saja mbak. kalau dokter bilang ok
aja karena dia juga dapet gede dari cesar. selain itu selagi bisa normal
kenapa harus pake cesar, kecuali dalam kondisi tertentu yah mungkin kita
perlu cesar, ex: ada omiumnya, bayi sungsang, atau kelilit pusar dan perlu
dilakukan tidakan cesar. bahkan ketuban pecah duluan aja pasti akan ditunggu
sampai sekian jam, jadi biasanya dokter akan melakukan cesar untuk kondisi
yang tertentu dan jalan normal tidak bisa lagi.

kalau tidak apa2 tapi kita cesar kok saya kira kurang wise juga buat dokter
kalau bilang OK aja... saya konsult dokter di RS BUnda mentang aja , dia
malah maunya saya disuruh normal tuh...

rgds,
Ys