Dear moms and dads......
Mungkin cuplikan artikel ini bisa sedikit memberikan gambaran
mengenai Down Syndrome.

Sindroma Down dideskripsikan oleh dr John Langdon Down dari
Inggris pada tahun 1866 sebagai kelainan genetik yang paling sering
muncul. Diperkirakan, ada delapan juta penderita di seluruh dunia,
dan di Indonesia sendiri sekitar 300.000 (data tahun 2001). Kelainan itu
terjadi pada
kromosom nomor 21 yang tidak terdiri dari dua kromosom sebagaimana
mestinya, melainkan tiga kromosom (trisomi 21) sehingga informasi
genetika menjadi terganggu sehingga anak mengalami penyimpangan
fisik, seperti, kepala belakang pipih, dan kanal dalam telinga
sempit.
    Akibatnya, anak sering mengalami gangguan pendengaran dan infeksi
telinga, wi-caranya terganggu karena gangguan konstruksi rahang dan
mulut, serta lidah terlalu panjang, mata juling, atau katarak karena
ada gangguan otot mata, rambut tipis, merah dan rontok, kaki dan
tangan pendek, serta otot dan sendi lemah. Anak sindroma Down juga
sering menderita kelainan bawaan, seperti, gangguan jantung,
leukemia, dan Alzheimer. Tingkat kecerdasan penderita juga lebih
rendah dari umumnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Down Syndrom ini, moms and dads
bisa menghubungi Yayasan Matahariku yi sekolah khusus untuk
penderita Down Syndrom (contact person Ibu Teti Ichsan):

    * Jl. Tumaritis No. 11
       Cilandak Barat
       Telp: 7695475

Semoga bermanfaat.