From: Nyoman A.S. [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, July 11, 2006 11:22 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Doa dan Bungkusan yang Ruwet

jadi panjang ne... dan keliatannya hanya berputar2 pada pola bahwa Tuhan
maha benar dan maha segalanya.... dan itu memang suatu yang absolut dan
mutlak.
tetapi kembali lagi ada yang menggelitik saya atas 2 masalah yang bisa
timbul yaitu memaknai sebuah Ujian atau Hukuman... dan akhirnya kembali
ke
pertanyaan saya semula... kalau memang sesuatu terjadi adalah ujian....
ya
buat apa Tuhan Menguji kita....? bukankan Tuhan tidak menguji pun
hasilnya
sudah diketahuiNya? dan kalo hal itu merupakan Hukuman... timbul satu
kesan
bahwa Tuhan itu kejam karena suka menghukum... wah jadi panjang ne...
ya ambillah satu contoh sederhana... Tsunami/ Gempa yang terjadi di aceh
dan
yogyakarta... apakah itu sebuah ujian atau hukuman....?
kalo itu ujian, buat apa Tuhan menguji?? apakah Tuhan tidak maha tahu?
trus
kalo itu hukuman... memang salah orang Aceh dan yogyakarta dan
sekitarnya
itu apa? sehingga harus dihukum seperti itu...?? bukankan yang jadi
korban
juga banyak anak2... apakah anak2 itu sudah melakukan kesalahan yang
sangat
besar sehingga ikut dalam hukuman itu?